Event

Festival Lembah Baliem 2018 Segera Dimulai, Ini Jadwalnya!

Festival Lembah Baliem 2018 akan berlangsung pada tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @agusnadeas
Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @agusnadeas

Guideku.com - Festival Lembah Baliem merupakan acara festival budaya tahunan yang rutin diadakan oleh Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua setiap satu tahun sekali.

Festival Lembah Baliem 2018 kali ini dijadwalkan pada tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus 2018.

Acara perayaan tahunan Festival Lembah Baliem 2018 rencananya akan digelar selama dua hari dengan berbagai penampilan dari kelompok-kelompok pejuang yang ada di Papua.

Dilansir Guideku.com dari situs resmi Baliem Festival, acara ini rencananya akan dimeriahkan oleh 26 kelompok dengan jumlah pejuang yang terdiri dari 30 sampai dengan 50 orang.

Fesrival Lembah Baliem di Papua/Instagram @rully.kesuma
Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @rully.kesuma

Dalam acara ini, kelompok-kelompok tersebut akan menampilkan simulasi perang antar suku dan keluarga yang diiringi dengan alat musik khas Papua yang bernama Pikon.

Pikon sendiri merupakan alat musik tradisional khas Papua yang dibuat dari kulit kayu yang akan berbunyi ketika ditiup.

Tak hanya itu, di dalam Festival Lembah Baliem 2018 kali ini beberapa kelompok dari berbagai suku di Papua akan menampilkan tarian tradisional di sini.

Telah berlangsung sejak lama, kini Festival Lembah Baliem telah diadakan untuk ke 28 kalinya.

Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @kitaina.id
Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @kitaina.id

Festival Lembah Baliem ini ternyata telah beberapa tahun terakhir menjadi sorotan dunia. Nggak heran, acara yang satu ini banyak ditunggu-tunggu oleh para wisatawan, terutama turis mancanegara.

Di akhir sesi simulasi peperangan, pengunjung biasanya bisa menikmati festival makanan khas Papua di sekitar tempat berlangsungnya Festival Lembah Baliem sambil menonton pertunjukkan tari dan musik tradisional.

Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @awenks7
Festival Lembah Baliem di Papua/Instagram @awenks7

Festival Baliem ini diselenggarakan dengan tujuan melestarikan dan mengenalkan nilai budaya dan adat serta tradisi suku tradisional di Papua.

Untuk teman-teman yang ingin ikut meramaikan dan menyaksikan acara ini, kalian wajib memiliki Surat Keterangan Jalan terlebih dahulu untuk lebih mudah ketika mengujungi lokasi-lokasi di Papua termasuk Festival Baliem ini.

Kalian bisa mendapatkan Surat Keterangan Jalan melalui Kantor Pusat Kepolisian yang ada di beberapa wilayah seperti Jayapura, Merauka, Timika, Biak dan Nabire.

Berita Terkini