Senin, 25 Maret 2019

Diving dan Snorkeling Sepuasnya di Festival Pesona Raja Ampat

Pecinta laut, kuy berangkat!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Raja Ampat (Pixabay)
Raja Ampat (Pixabay)

Guideku.com - Siapa tak kenal Raja Ampat? Gugusan kepulauan yang berada di bagian barat Pulau Papua ini terkenal sebagai destinasi wisata bahari yang menarik hati para travelers.

Nggak heran, teritori Raja Ampat ini memang dihuni 540 jenis koral, lebih dari 1.000 jenis ikan yang hidup di koral-koral tersebut, 700 jenis moluska, dan biota laut lainnya.

Dengan banyaknya jumlah spesies yang menghuni kawasan Raja Ampat, destinasi wisata yang satu ini dikatakan memiliki 75% dari total seluruh spesies biota laut yang ada di dunia.

Jadi, pantas saja kalau Raja Ampat ini mendapat gelar sebagai tempat snorkeling dan diving terbaik di dunia dari CNN Travel. Wow banget, kan?

Raja Ampat (instagram.com/andreas.r.mueller)
Raja Ampat (instagram.com/andreas.r.mueller)

 

Nah, dalam rangka memperkenalkan daya tarik dan keindahan Raja Ampat lebih jauh lagi, maka Kementerian Pariwisata pun berencana untuk mengadakan Festival Pesona Raja Ampat 2018.

Event ini rencananya akan diadakan pada tanggal 18-21 Oktober di Pulau Waigeo, tepatnya di ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

BACA JUGA: Berasa di Afrika, Menikmati Savana Bekol Taman Nasional Baluran

Selain pesona wisata bahari, festival ini akan menggelar aneka pertunjukan seni dan budaya tradisional khas Raja Ampat.

Layaknya festival-festival lain, Festival Pesona Raja Ampat ini juga akan mengadakan aneka kompetisi seperti underwater photo, lomba foto jurnalistik, kontes seni, hingga lomba memasak makanan laut.

Raja Ampat (instagram.com/misool.resort)
Raja Ampat (instagram.com/misool.resort)

 

Namun, namanya saja Raja Ampat, tentu saja event ini tidak akan lengkap tanpa adanya aktivitas diving dan snorkeling.

Nah, di Festival Pesona Raja Ampat inilah, para turis akan berkesempatan untuk pergi mengunjungi tiap spot diving dan snorkeling di seluruh penjuru pulau, lho!

Jadi, bukan cuma mengenal budaya Raja Ampat lebih dalam, kamu juga bisa mengeksplorasi lautan Raja Ampat yang keindahannya sudah mendunia.

BACA JUGA: Viral, Gadis Buta Warna Akhirnya Melihat Senja untuk Pertama Kali

Kamu bahkan bisa menjumpai paus, lumba-lumba, dugong, kura-kura, hingga aneka terumbu karang yang warna-warninya memanjakan mata.

Bagi kamu yang tertarik untuk ikut meramaikan festival ini, kamu bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta atau Makassar menuju Sorong.

Raja Ampat (instagram.com/tommyschultzphoto)
Raja Ampat (instagram.com/tommyschultzphoto)

 

Kemudian, dari Sorong, kamu memiliki dua opsi. Yang pertama adalah naik pesawat kecil yang langsung menuju ibu kota Kabupaten Raja Ampat, sementara yang kedua adalah naik speedboat selama 3 jam.

Dilansir dari laman facebook Kemenpar, Guideku.com sih menyarankan agar kamu naik speedboat dari Sorong ke Raja Ampat. Alasannya, kamu bisa berkesempatan melihat lumba-lumba secara langsung.

BACA JUGA: Lokasi Syuting Aruna dan Lidahnya, Filmnya Dian Sastrowardoyo Nih

Sementara itu, untuk masalah penginapan, Kemenpar menyarankan para wisatawan untuk memilih homestay ketimbang hotel karena harganya lebih terjangkau.

Rata-rata, harga homestay di Raja Ampat memang di bawah Rp 500.000 per malamnya.

Tunggu apa lagi? Buat kamu pecinta wisata bahari, jangan lupa kosongkan agendamu di tanggal festival berlangsung, ya!

Terkait

Terkini