Jum'at, 19 April 2019

Semarak, Agenda dan Lomba Peringatan Berdirinya Kadipaten Pakualaman ke-213

Yuk catat agendanya!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Siaran Pers Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-213 (Guideku.com/Amertiya)
Siaran Pers Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-213 (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Aneka acara sehubungan dengan peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-213 resmi digelar pada tanggal 20 Januari hingga 3 Maret 2019 nanti.

Sebagai bentuk kontribusi Kadipaten Pakualaman terhadap masyarakat, aneka macam perlombaan seni dan budaya Jawa pun akan diadakan.

Pengetan Hadeging Kadipaten Pakualaman sendiri dilaksanakan untuk memperingati diangkatnya Pangeran Notokusumo menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Paku Alam I.

Di tahun 2019 ini, peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman akan jatuh pada tanggal 17 Februari dan diperingati dengan acara tasyakuran. Sementara, puncak acara berupa resepsi akan diadakan tanggal 9 Maret 2019.

Dalam konferensi pers yang diadakan tanggal 30 Januari 2019, K.P.H. Kusumoparastho selaku Ketua Umum pelaksanaan Pengetan Hadeging Kadipaten Pakualaman menjelaskan rangkaian acara serta dua perlombaan baru yang akan dilaksanakan.

Total, terdapat 10 event yang akan dilaksanakan mulai dari bakti sosial untuk keluarga abdi dalem, donor darah, hingga aneka lomba seperti mewarnai, melukis, dan jemparingan.

Terdapat pula dua perlombaan baru yaitu Penulisan Artikel Ilmiah Tingkat Nasional dan Literasi Aksara Jawa.

Siaran Pers Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-213 (Guideku.com/Amertiya)
Siaran Pers Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-213 (Guideku.com/Amertiya)

 

''Penulisan Artikel Ilmiah Tingkat Nasional diperuntukkan bagi mahasiswa S1 dan S2 aktif,'' jelas Bagus selaku narasumber. Menurutnya, hal ini dilakukan karena perlombaan Pengetan Hadeging Praja Dalem sebelumnya diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA semata.

Bagus juga menjelaskan bahwa tema untuk acara lomba mewarnai dan melukis akan berhubungan dengan acara Dhaup Ageng yang baru-baru ini berlangsung.

Selain itu, akan ada pula peluncuran buku yang membahas masa pemerintahan Paku Alam V sekaligus prestasinya di bidang ekonomi. Peluncuran buku ini akan diadakan pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 di Kagungan Dalem Kepatihan Pakualaman dan dihadiri para penulis buku.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar event perlombaan yang akan dilaksanakan oleh Kadipaten Pakualaman.

1. Jumat-Sabtu, 1-2 Februari 2019: Bhakti Sosial Periksa Mata Keluarga Abdi Dalem

2. Minggu, 3 Februari 2019: Bhakti Sosial Donor Darah. Dapat diikuti oleh umum.

3. 20 Januari - 20 Februari 2019: Penulisan Artikel Ilmiah Tingkat Nasional. Peserta mahasiswa aktif S1 dan S2 dengan tema ''Menapak Jejak Budaya Tradisi Untuk Membangun Masa Depan yang Gemilang''.

4. Minggu, 10 Februari 2019: Grand Prix Lukis Pelajar Paku Alam Cup II Tingkat Nasional. Peserta siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

5. Minggu, 10 Februari 2019: Lomba Mewarnai Motif Batik Pakualaman Tingkat DIY. Peserta siswa TK, SD, dan anak berkebutuhan khusus.

6. Senin, 11 Februari 2019: Lomba Literasi Aksara Jawa Tingkat Nasional. Peserta siswa SD, SMP, SMA.

7. Sabtu-Minggu, 23-24 Februari 2019: Lomba Tari Klasik Gagrak Pakualaman Tingkat DIY. Peserta siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan Umum.

8. Jumat-Sabtu, 1-2 Maret 2019: Sayembara Macapat Paku Alam Cup VII Tingkat Nasional. Peserta dibagi dua kategori: SD dan SMP serta SMA dan Umum.

9. Sabtu-Minggu, 2-3 Maret 2019: Lomba Dolanan Anak. Peserta siswa SD maksimal 12 tahun.

10. Minggu, 3 Maret 2019: Sayembara Jemparingan Mataram Paku Alam Cup III Tingkat Nasional. Peserta untuk umum.

Pendaftaran untuk lomba-lomba di atas gratis alias tidak dipungut biaya. Sementara, untuk syarat dan ketentuan lomba serta info lebih lanjut dapat dicek di akun instagram @kadipatenpakualaman atau twitter @PuraPakualaman.

Nah, buat kamu yang berminat mendaftar atau sekadar menonton lomba-lomba tersebut, jangan sampai ketinggalan ya!

Terkini