Tak Cuma Indonesia, 6 Negara Ini Punya Tradisi Khusus Hari Ibu

Sudah memutuskan hendak memberi kado apa saat Hari Ibu nanti?

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Rabu, 18 Desember 2019 | 11:00 WIB
Hari Ibu (Pixabay/sasint)

Hari Ibu (Pixabay/sasint)

Guideku.com - Selain Natal dan Tahun Baru, Hari Ibu juga menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu di bulan Desember ini.

Meski begitu, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang merayakan Hari Ibu. Walau memiliki tanggal yang berbeda-beda, Hari Ibu normalnya diselenggarakan dalam rangka mengapresiasi dan menunjukkan rasa sayang kita kepada ibu.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai cara untuk merayakan Hari Ibu. Salah satunya dengan cara memberi hadiah, mengajak jalan-jalan, hingga makan bersama.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Event Wisata di Sleman

Namun, di belahan dunia lain, ternyata ada negara-negara yang memiliki tradisi sendiri dalam merayakan Hari Ibu.

Dikutip dari laman Reader's Digest, yuk simak seperti apa tradisi Hari Ibu di negara-negara berikut.

Ilustrasi Hari Ibu (Pixabay/5540867)
Ilustrasi Hari Ibu (Pixabay/5540867)

1. Nepal

Baca Juga: 5 Alasan Harus ke Altitude 81 Royal Ambarrukmo saat Tahun Baruan di Jogja

Hari Ibu di Nepal dikenal dengan nama Mata Tirtha Aunsi dan diselenggarakan mengikuti penanggalan kalender lunar. Di hari tersebut, warga Nepal akan mengikuti perayaan suci untuk menghormati dan mengenang para ibu yang telah meninggal.

Setiap tahunnya, warga Nepal akan berkumpul di sebuah desa di Kathmandu dan masuk ke dalam kolam Matatritha. Tradisi ini dipercaya akan mengantarkan kedamaian ke jiwa para ibu yang sudah meninggal.

2. Meksiko

Baca Juga: Bingung Liburan Tahun Baru Mau ke Mana? Yuk Kunjungi 5 Wisata Bandung Ini

Di Meksiko, Hari ibu dirayakan tiap tanggal 10 Mei. Saat Hari Ibu tiba, warga Meksiko akan menyanyikan lagu-lagu yang khusus diperuntukkan untuk ibu.

Tak cuma berlangsung di Meksiko, tradisi menyanyikan lagu ini juga terbawa ke beberapa warga Meksiko yang tinggal di Amerika, lho.

Ilustrasi Kado Hari Ibu (Wikimedia Commons)
Ilustrasi Kado Hari Ibu (Wikimedia Commons)

3. Inggris

Hari Ibu di Inggris dilaksanakan pada hari Minggu keempat puasa sebelum Paskah. Tradisi ini sendiri sudah ada sejak abad pertengahan.

Di hari tersebut, keluarga di Inggris akan membuat kue tradisional yang bernama Simnel untuk kado Hari Ibu.

Kue ini merupakan kue yang dipenuhi dengan buah-buahan dan diberi topping marzipan. Yang lebih spesial, kue ini juga dibuat dengan tepung berkualitas paling tinggi karena dikhususkan untuk sang ibu.

4. Peru

Warga Peru memiliki cara yang tak jauh berbeda dengan Indonesia untuk merayakan Hari Ibu, yaitu dengan kartu ucapan, bunga, dan kado.

Meski begitu, warga Peru juga biasanya akan menggunakan hari tersebut untuk mengenang sosok ibu yang sudah meninggal dunia.

Keluarga di Peru biasanya akan berkumpul di kuburan untuk memberikan karangan bunga, juga melakukan acara makan-makan untuk menghormati yang sudah tiada.

Ilustrasi Kado Hari Ibu (Pixabay/cromaconceptovisual)
Ilustrasi Kado Hari Ibu (Pixabay/cromaconceptovisual)

5. Thailand

Thailand merayakan Hari Ibu setiap 12 Agustus. Bagi mereka yang masih bersekolah, Hari Ibu identik dengan acara spesial antara murid dan ibu.

Semua ibu akan datang ke sekolah pada hari tersebut, sementara murid-murid mempertunjukkan upacara tradisional sebagai tanda cinta dan hormat. Selain itu, anak-anak di Thailand juga akan berlutut di kaki ibu mereka sebagai tanda terima kasih.

6. Prancis

Terkenal sebagai negara romantis, Prancis juga punya tradisi yang menyentuh untuk merayakan Hari Ibu. Di negara ini, Hari Ibu dirayakan setiap Minggu terakhir bulan Mei atau Minggu pertama bulan Juni.

Untuk perayaan Hari Ibu, guru-guru sekolah di Prancis biasanya membantu siswa-siswi untuk menghafalkan puisi yang nantinya akan dibacakan kepada ibu mereka.

Berita Terkait TERKINI
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Mengikuti kisah Harley Quinn yang, setelah putus dengan Joker, dihadapkan pada ancaman Roman Sionis, penguasa kejahatan ...
event | 09:06 WIB
Tampilkan lebih banyak