Senin, 28 September 2020

Intip Rupa Rasa Indonesia lewat Pameran Fotografi di Porta Hotel

Pameran bertajuk Rupa Rasa Indonesia ini diselenggarakan mulai 15 Agustus hingga 15 September 2020 di lobi hotel bintang 3 plus itu.

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Annisa Asyabilla dan karyanya. (Suara.com/Silfa Humairah)
Annisa Asyabilla dan karyanya. (Suara.com/Silfa Humairah)

Guideku.com - Porta by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta berpartisipasi dalam peringatan kemerdekaan RI ke 75 dengan merangkul 5 fotografer lokal Yogyakarta dengan menggelar pameran fotografi bertajuk Rupa Rasa Indonesia yang diselenggarakan mulai 15 Agustus hingga 15 September 2020.

Lima fotografer lokal Yogyakarta digandeng menjadi exhibitors yakni Wimbo Prakoso, Gde Wira, Asyabilla, Yuliana Nurta, dan Rio Pharaoh. Sejumlah karya fotografer tersebut berbeda-beda, walaupun, tetap pada satu tema besar yaitu nusantara. Ada yang mengangkat tempat bersejarah, kuliner, budaya hingga perempuan.

Mengenai tema karya pameran, Gde Wira Brahmana menuturkan mengangkat tema seni dalam sejarah dan budaya yang terpotret pada Omah Kalang.

Gde Wira Brahmana dan karyanya. (Suara.com/Silfa Humairah)
Gde Wira Brahmana dan karyanya. (Suara.com/Silfa Humairah)

“Saya melihat cerita di Omah Kalang lewat potrot ini, perpaduan Jawa dan Eropa, bukti peninggalan di zaman penjajahan,” imbuhnya dalam pembukaan pameran yang digelar Sabtu (15/8/2020) di Porta by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.

Annisa Asyabilla, menuturkan potret perempuan memegang bunga garbera menggambarkan kontribusi perempuan kuat juga tidak bisa dikesampingkan dalam kemerdekaan.

"Potret ini menyampaikan perempuan dulu dan sekarang masih sama yakni melambangkan kekuatan dan kelembutan dalam bersamaan untuk mencapai kebebasan. Jangan terkurung karena opini masyarakat," katanya.

Cluster Marketing Communications Porta by The Ambarrukmo, Aprilian Lili disela pembukaan pameran menuturkan acara ini dedikasikan untuk fotografer muda Kota Gudeg yang memiliki kemampuan serta optimisme tinggi. Sejak awal berdiri pada 20 Februari 2020, kami memang aktif melibatkan komunitas dalam melahirkan acara berkonsep lifestyle.

Berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pihak manajemen hotel tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung. Selain pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan, manajemen juga mengaplikasikan QR code untuk menghindari penumpukan pengunjung.

Terkait

Terkini