Selasa, 15 Juni 2021

Mengenal Syphon, Cara Mengolah Biji Kopi Agar Terasa Lebih Nikmat

Metode ini diklaim mampu menghasilkan rasa kopi yang maksimal.

Dany Garjito
cloud_download Baca offline
Teknik mengolah biji kopi, Syphon / littlecoffeeplace.com
Teknik mengolah biji kopi, Syphon / littlecoffeeplace.com

Guideku.com - Salah satu cara mengolah biji kopi paling populer di dunia adalah dengan teknik syphon. Cara kerja syphon dianggap hampir menyerupai prinsip hydrostatic pressure, walaupun tidak sama persis.

Alat syphon mempunyai bentuk yang menyerupai tabung kimia lengkap dengan komponennya.

Komponennya antara lain ada cover (penutup mangkuk atas), upper bowl (mangkuk bagian atas), lower bowl (mangkuk bagian bawah), stand (penahan), filter (penyaring) dan measuring spoon (sendok takaran). 

Pada tahun 2017 lalu, Yang-Yi Shan, perempuan asal Taiwan dinobatkan menjadi pemenang ajang World Siphonist Championship.  

Teknik mengolah biji kopi, Syphon (Suara.com / Risna HALIDI)
Teknik mengolah biji kopi, Syphon (Suara.com / Risna HALIDI)

Juara ajang World Siphonist Championship ini mengklaim bahwa membuat kopi dengan teknik syphon dapat menjadikan kopi terasa lebih kaya aroma dan rasa.  

Seperti dilansir dari Suara.com, saat berkesempatan menghadiri acara di Jakarta, Rabu, (18/7/2018), Yi Shan mengatakan bahwa proses syphon akan menghasilkan temperatur yang sangat tinggi.

Sebelum dicicipi, Yi Shan menyarankan untuk menyempatkan mencium aroma dari proses ini. Dia juga mengaku menyukai proses syphon ini karena menghasilkan aroma yang sangat spesial.

Kehadiran Yi Shan di Jakarta merupakan bagian dari rangkaian acara kerjasama antara UCC Asia Pasific Pte dengan perusahaan operator ternama di Indonesia, Purwana Group. 

Dua perusahaan tersebut mendirikan PT. UCC Victo Ora Prima yang akan menyediakan produk kopi, berbisnis kafe dan restoran, serta menyediakan layanan bisnis mesin kopi.

Bahkan, Purwana Group juga akan menyediakan fasilitas dan keahlian dalam roasting kopi serta mengelola penjualan di Indonesia.

Peluang besar untuk para barista Indonesia nih!

SUARA.com/Risna Halidi

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Syphon, Teknik Mengolah Biji Kopi yang Kaya Rasa

Terkait

Terkini