Joglo Pari Sewu Review, Tempat Makan Tepi Sungai yang Syahdu

Guideku.com berkesempatan wisata kuliner di Joglo Pari Sewu.

Dany Garjito
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 16:45 WIB
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Guideku.com - Joglo Pari Sewu merupakan salah satu tempat makan enak di Jogja yang berada di tepi sungai. Joglo Pari Sewu cocok bagi kamu yang mau makan sambil ditemani suara gemericik air sungai.

Alamat Joglo Pari Sewu ada di Bromonilan, RT.008/RW.003, Bromonilan, Purwomartani, Kabupaten Sleman. Meski lokasinya relatif jauh dari jalan raya, namun untuk rute menuju Joglo Pari Sewu cukup mudah.

Peta rute menuju Joglo Pari Sewu lihat di sini!

Kalau dari arah selatan, sebelum sampai di Joglo Pari Sewu, kamu akan melewati jembatan sungai. Nah dari atas jembatan ini kamu sudah bisa melihat area Joglo Pari Sewu.

Terdapat lahan parkir tepat di samping Joglo Pari Sewu, lahannya seperti halaman rumah yang cukup luas dan muat untuk parkir motor dan beberapa mobil.

Suasana Joglo Pari Sewu

Sebelum masuk ke area makan, tim Guideku.com disambut oleh staf Joglo Pari Sewu yang menanyakan perihal reservasi. Mungkin karena meskipun ada tiga area makan, tempatnya relatif terbatas.

Jadi bila mau datang rombongan ke sini sebaiknya reservasi dulu.

Kebetulan tim Guideku.com datang ke Joglo Pari Sewu di pagi hari, sekitar jam 9 pagi, jadi masih sepi. Mungkin jam segini recommended untuk ke sini.

Di Joglo Pari Sewu setidaknya terdapat tiga area makan. Pertama di bangunan Joglo Pari Sewu yang di atas. Kedua, ada yang berkonsep angkringan. Dan yang ketiga di area bawah dekat sungai.

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Lokasi makan di dekat sungai menjadi pilihan tim Guideku.com.

Di area dekat sungai ini terdapat setidaknya empat meja makan dan bangku kayu yang nyaman. Perpaduan unsur kayu, pepohonan, rumput hijau dan air sungai seakan membius kami.

Sebuah nuansa wisata kuliner yang jarang kami temukan di tempat lain.

Menurut tim Guideku.com, area ini cukup seru untuk spot fotografi. Apalagi bagi kamu yang suka dengan foto-foto aesthetic untuk diunggah di Instagram.

Menu makanan Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Menu makanan Joglo Pari Sewu pilihannya relatif banyak.

Ada menu lawasan Jogja di Joglo Pari Sewu, yang terdiri dari pilihan menu Gudeg Manggar Ayam Kampung, Brongkos, dan Mangut Lele.

Lalu ada menu Ayam Jembar, Nasi Goreng Joglo Pari Sewu, Nasi Goreng Seafood, Pecel Peyek Komplit, dan masih banyak lagi.

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Untuk menu minuman di Joglo Pari Sewu ada aneka float, aneka juice, aneka kopi, dan minuman tradisional seperti wedang uwuh.

Di Joglo Pari Sewu juga terdapat pilihan menu berbagai cemilan enak seperti singkong bumbu laos, bakso pedas, bakwan jagung, kentang goreng, dan sebagainya.

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Tim Guideku.com memilih menu makanan Mangut Lele dan Ayam Jembar, sedangkan minumannya kami cukup pilih teh manis hangat dan Lime Ice.

Sembari menunggu pesanan tiba, tim Guideku.com menyempatkan diri untuk foto-foto dan ngobrol. Joglo Pari Sewu asyik banget buat makan bareng dan ngobrol ngalor-ngidul.

Kami pun tidak sendirian di sini, ada satu keluarga dengan dua anak kecil yang cukup aktif.

Sang ibu punya permintaan khusus untuk disediakan tikar agar dia bisa lebih leluasa menyuapi anaknya.

Dan ternyata bisa, tak lama staf Joglo Pari Sewu menggelar tikar di rerumputan. Piknik keluarga tampak menyenangkan di sini.

Jempol untuk Joglo Pari Sewu!

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Makanan pun tiba. Karena baru bangun tidur dan perut belum terisi makanan, maka nasi mangut lele dan ayam jembar langsung kami santap.

Mangut lele Joglo Pari Sewu lumayan enak, dagingnya yang empuk, membuat kuah mangutnya seakan meresap sampai ke dalam. Sayangnya bagi penyuka kuliner pedas, rasa mangut lele di sini kurang membakar lidah.

Menu Ayam Jembar bisa jadi pilihan kalau kamu suka pedas. Disajikan bersama nasi hangat dan ayam yang empuk, rasa ayam jembar ini cukup bikin nagih.

Harga makanan di Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Tak hanya stafnya saja yang oke dan makanan yang jempolan, harga makanan Joglo Pari Sewu juga relatif murah. Harga makanan mulai dari Rp 20 ribu. Untuk harga minuman mulai dari Rp 8 ribu.

Bagi beberapa orang yang mendengar makan di pinggir sungai, mungkin akan berpikir bahwa bakal bau, pemandangan yang nggak bagus dan sebagainya.

Namun nggak begitu kok di Joglo Pari Sewu. Sungainya relatif bersih, setidaknya saat tim Guideku.com ke sini. Meskipun tentu tidak menutup kemungkinan akan ada bau-bau yang kurang sedap, mengingat ada kolam ikan di sekitar.

Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)
Joglo Pari Sewu. (Guideku.com/Dany)

Tapi lokasi ini juga bisa jadi keuntungan bagi kamu yang mau main air. Tak sedikit kok keluarga yang mengajak anak-anaknya main air dan cari ikan di sekitar sungai di Joglo Pari Sewu. Tapi tetap hati-hati ya!

Oya, di bangunan atas Joglo Pari Sewu ada rumah boneka juga lho! Kalau kamu mau masuk, sebaiknya bilang dulu ke stafnya ya karena setahu kami ada tiket masuknya, sebesar Rp 10 ribu.

Pengalaman wisata kuliner di Joglo Pari Sewu yang berkesan membuat tim Guideku.com akan ke sini lagi sih pasti!

Joglo Pari Sewu

Alamat: Bromonilan, RT.008/RW.003, Bromonilan, Purwomartani, Kabupaten Sleman

Harga makanan dan minuman: mulai dari Rp 20 ribu.

Harga dan informasi lainnya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak