Sabtu, 16 November 2019

Tenggak 1 Liter Kecap Asin, Perempuan Ini Alami Kerusakan Otak

Informasi di internet tak selamanya benar

Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati
Ilustrasi Emergensi (Pixabay/ArtisticOperations)
Ilustrasi Emergensi (Pixabay/ArtisticOperations)

Guideku.com - Akibat termakan hoaks, seorang perempuan berusia 39 tahun bernama CG terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah menenggak 1 liter kecap asin.

Aksi CG minum kecap asin ini diawali saat dia membaca sebuah informasi di internet bahwa kecap asin dapat digunakan untuk menyerap dan mengeluarkan racun di tubuhnya.

Sebelumnya, CG sendiri diduga sudah mengalami masalah pencernaan, kekurangan vitamin dan zat besi, serta didiagnosis memiliki skizofrenia paranoid.

Akibatnya, CG pun percaya bahwa ada yang sedang mencoba meracuni dirinya dan mencari solusi di internet. Apa yang dia temukan adalah ajakan untuk minum kecap asin yang dipercaya dapat membersihkan usus.

Ilustrasi Mencari Informasi di Internet (Pixabay/janeb13)
Ilustrasi Mencari Informasi di Internet (Pixabay/janeb13)

 

CG pun akhirnya menenggak 1 liter kecap asin dalam waktu dua jam saja. Efeknya, CG mulai merasa detak jantungnya bertambah cepat dan pandangannya mulai mengabur.

Akhirnya, CG pun ditemukan pingsan oleh suaminya yang lekas menelepon ambulans untuk membantu. Namun, saat di ambulans pun, CG sempat mengalami serangan jantung.

Pada akhirnya, CG divonis menderita acute hypernatremia atau kondisi di mana tubuhnya mengandung terlalu banyak sodium.

Sodium yang berasal dari garam di kecap asin tersebut rupanya terserap ke dalam pembuluh darah CG dan mulai menyerap air dari seluruh otot serta organ-organnya.

Pada akhirnya, otak CG pun ikut menyusut akibat tingginya kadar garam yang ada.

Ilustrasi Kecap Asin (Pixabay)
Ilustrasi Kecap Asin (Pixabay)

 

Para dokter sendiri sudah berusaha untuk menetralisasi kadar garam di darah CG. Namun, usaha mereka tersebut rupanya terlambat.

CG memang sadar empat hari kemudian, tapi dia tidak bisa bergerak, menelan, ataupun berbicara.

Hal ini dikarenakan otak CG sudah mengalami kerusakan permanen yang mengakibatkannya saraf-sarafnya rusak dan tidak lagi bisa berfungsi.

Semoga saja aksi minum kecap asin ini tidak terulang lagi ya.

Terkait

Terkini