Nasi Padang Diboikot, Buntut Jokowi Kalah di Sumatera?

Niatan memboikot nasi padang, pempek, dan mie Aceh ini rupanya dilakukan karena berasal dari Sumatera.

Dany Garjito
Rabu, 24 April 2019 | 15:15 WIB
Capres nomor urut 1 Jokowi makan siang dengan menu nasi padang bersama Ketua TKN Jokowi – Maruf Amin, Erick Thohir, serta bos NetTV Wishnutama di Food Court lantai 5 Mal Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (20/4/2019). [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Capres nomor urut 1 Jokowi makan siang dengan menu nasi padang bersama Ketua TKN Jokowi – Maruf Amin, Erick Thohir, serta bos NetTV Wishnutama di Food Court lantai 5 Mal Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (20/4/2019). [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Guideku.com - Boikot Nasi Padang ramai digaungkan belakangan ini.

Salah satu partai peserta pemilu, Partai Gerindra menilai aksi boikot nasi Padang karena Jokowi - Maruf Amin kalah di Sumatera sebuah penyesalan. Karena nasi Padang dianggap makanan lezat, seperti dikutip dari Suara.com.

Sebelumnya, menjadi viral di Twitter, banyak netizen membalas unggahan tersebut dengan bukti-bukti boikot yang dilakukan. Seperti yang diposting akun @Imad_kun yang mengunggah tangkapan layar kolom komentar Facebook beberapa pengguna.

Baca Juga: Daftar Tempat Makan dan Kafe yang Pernah Dikunjungi Sandiaga Uno

"Salah satu penyesalan terbesar jika memboikot makanan nusantara, karena rasanya tiada tara. Wahai Komunitas Makan Nasi Padang Pakai Sendok dan Komunitas Makan Nasi Padang Pakai Tangan, nasi Padang mau dioikot nih katanya," tulis Twitter Gerindra, @Gerindra.

Masyarakat Indonesia kini sedang menanti hasil pemungutan suara dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2019. Meski tidak menjadi hasil resmi, perhitungan cepat (quick count) telah keluar dan diketahui Paslon nomor urut 1 Jokowi - Ma'ruf Amin kalah di daerah Sumatera.

Melihat hasil tersebut, para pendukung Paslon nomor urut 1 ini ramai-ramai berniat melakukan boikot nasi padang, pempek, dan mie Aceh.

Baca Juga: Jika Jokowi Menang, Grace Natalie Ajak Warga Makan Babi? Ini Faktanya

"Sebentar sebentar, serius gara-gara Pilpres ada yang mau boikot Nasi Padang? Tolong bilang sama gue klo kabar itu gak bener. Plis.." tulis @ardibhironx dalam unggahannya.

Selain nasi padang, ada unggahan Facebook salah satu pengguna yang bersumpah untuk tidak lagi makan nasi padang, pempek Palembang, dan mie Aceh.

Niatan memboikot nasi padang, pempek, dan mie Aceh ini rupanya dilakukan karena ketiga makanan daerah ini berasal dari wilayah Sumatera.

Baca Juga: Jokowi Terpilih Lagi atau Tidak, Kaesang: Saya Tetap Jualan Pisang

Berdasarkan hasil quick count yang dilakukan Litbang Kompas, pasangan nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf Amin mendapat total suara 43,02 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo - Sandiaga Uno mendapat total suara 56,98 persen.

Aksi boikot nasi padang, pempek, dan mie Aceh akibat Pilpres ini dibanjiri komentar dari para netizen. Banyak yang tidak setuju dengan aksi aneh satu ini.

"Gaya2an boikot nasi padang, dapet lengkuas nyampur di bumbu rendang aja udah girang.." tulis akun @mhdgpr_.

"Padahal nasi padang kan ena... :(" komentar pemilik akun @bihunrebusena.

"Tapi tetep aja kalo dikasih, ya dimakan..." tulis pemilik akun @Aldifrrr.

"Kasian bapak gue yang jualan nasi padang.." ujar akun @LilyNurlaeliyah.

Meski hasil quick count sudah dirilis beberapa pihak, sebaiknya kita menunggu hasil pemungutan suara resmi dari pemerintah. Semoga apapun hasilnya, dapat diterima semua pihak ya!

SUARA.com/Ria Rizki Nirmala Sari

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak