Minggu, 16 Juni 2019

Ke Taiwan Bawa Onigiri, Turis Ini Didenda Belasan Juta Rupiah

Catat, ternyata makanan ini tak boleh dibawa masuk ke Taiwan.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Ilustrasi Onigiri (Pixabay/sayama)
Ilustrasi Onigiri (Pixabay/sayama)

Guideku.com - Kala berkunjung ke negara lain, sudah sewajarnya jika turis memperhatikan benda-benda apa saja yang tidak boleh dibawa masuk atau harus dideklarasikan di bea cukai.

Walau begitu, ada kalanya pula kita tidak sadar bahwa benda yang kita bawa dilarang untuk dibawa masuk. Seperti turis asal Malaysia ini misalnya.

Dikutip dari World of Buzz, seorang turis yang bernama Tan (bukan nama sebenarnya) membagikan pengalamannya saat liburan ke Kaohsiung, Taiwan dengan teman-temannya.

Saat itu, tepat sebelum boarding, Tan dan temannya membeli 2 onigiri ayam dan 2 onigiri ikan untuk dimakan di pesawat.

Namun, Tan dan teman-temannya malah lupa memakan onigiri tersebut lalu memasukkannya ke dalam tas.

Bahkan, saat pemeriksaan imigrasi dan bea cukai, mereka pun mengantre di barisan ''nothing to declare'' karena benar-benar lupa akan keberadaan onigiri tersebut.

Ilustrasi bandara (Pixabay/djedj)
Ilustrasi bandara (Pixabay/djedj)

Di luar dugaan, onigiri tersebut ternyata membawa bencana saat tas milik Tan diperiksa petugas.

Hal ini dikarenakan Taiwan tengah memperketat peraturan mereka soal membawa masuk segala macam produk daging, buah, dan bahkan sayuran. Diketahui, aturan ini ada untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan flu babi Afrika.

Akibat onigiri isi daging ayam yang tak sengaja dibawanya, Tan dan teman-temannya pun harus membayar denda 30.000 NT atau 13,8 juta rupiah.

Jumlah ini masih lebih sedikit jika dibandingkan denda untuk daging babi, yang bisa mencapai 1 juta NT atau 461 juta.

Di sisi lain, Tan sendiri mengungkapkan bahwa leaflet yang diterimanya saat hendak melewati imigrasi hanya menyebutkan pelarangan daging babi. Selain itu, maskapai yang ditumpanginya juga tidak mengumumkan barang-barang apa saja yang dilarang dibawa masuk.

Nah, buat kamu yang punya rencana ke Taiwan, hati-hatilah saat membawa produk makanan agar tidak terkenal denda jutaan rupiah seperti ini.

Terkait

Terkini