Minggu, 05 April 2020

Dampak Wabah Virus Corona, Harga Durian Musang King Anjlok 50 Persen

Musang King memiliki ciri khas daging tebal berwarna kuning, lengkap dengan tekstur lembut dan manis.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fitri Asta Pramesti
cloud_download Baca offline
Durian Musang King. (instagram.com/durianhut_jb)
Durian Musang King. (instagram.com/durianhut_jb)

Guideku.com - Pecinta durian Musang King mungkin akan berbahagia mengingat harga durian populer ini tengah anjlok di pasaran.

Melansir dari laman The Star, Kamis (20/2/2020), harga Musang King turun lantaran wabah virus corona yang sedang melanda berbagai negara.

Seorang pedagang durian asal Malaysia, Tan Chee Keat menyebut harga 1 kg Musang King sekarang berada di kisaran RM 24 hingga RM33 atau setara dengan Rp 82 ribu hingga Rp 108 ribu.

Durian Musang King, sambung Chee Keat, normalnya dibanderol seharga Rp 180 ribu per kilogram.

Akibat kepungan virus asal Wuhan ini, ekspor durian harus mengalami penurunan hingga 70 persen. Padahal, stok durian di Penang memiliki jumlah yang lumayan besar.

Durian Musang King. (instagram.com/low_helen)
Durian Musang King. (instagram.com/low_helen)

"Turis tidak berani bepergian karena takut terinfeksi. Hal ini sangat disayangkan karena pasokan durian Musang King di Penang melimpah karena cuaca panas yang panjang," kata Chee Keat.

Menurunnya penjualan durian akibat berkurangnya turis yang berkunjung ke Malaysia juga diamini oleh pemilik kios durian di Macalister Road, Lim.

Mengingat sebagian konsumen dari durian Musang King berasal dari China, Indonesia, Singapura, hingga Hong Kong, yang notabene juga takut untuk bepergian karena corona, itu berimbas pada penjualan tokonya yang turun hingga 50 persen.

Sedangkan untuk pembeli lokal, Lim menyebut dirinya tidak bisa terlalu berharap lantaran saat tidak musim, warga lokal jarang membeli durian.

Musang King sendiri merupakan jenis durian yang berasal dari Malaysia. Memiliki daging tebal berwarna kuning, dengan rasa manis dan legit, membuat durian yang satu ini banyak dicari.

Bagaimana? Tertarik untuk terbang ke Penang atau Malaysia untuk menikmati lezatnya daging durian Musang King?

Terkait

Terkini