Minggu, 05 April 2020

Manjakan Mata dan Lidah, 4 Daftar Kuliner Dekat Merapi Garden Cangkringan

Puas bermain air dan berfoto-foto, saatnya santap kuliner lezat dekat Merapi Garden Cangkringan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)
Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Seiring berjalannya waktu, destinasi wisata di kawasan Sleman kian bertambah. Salah satunya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga Anda ialah Merapi Garden Cangkringan

Siap memanjakan Anda dan keluarga, Merapi Garden Cangkringan ini dilengkapi dengan water park untuk anak-anak hingga taman Instagramable. 

Dibuka sejak 23 Desember 2019 lalu, Merapi Garden Cangkringan ini telah banyak dikunjungi baik oleh warga lokal hingga wisatawan. Tiket masuk Merapi Garden Cangkringan ini juga terbilang terjangkau, yakni Rp 10 ribu per orang. 

Jika Anda ingin bersantai sambil melihat gagahnya Gunung Merapi, taman ini juga dilengkapi dengan gazebo mungil. Bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu liburan di wilayah Kaliurang, berikut Guideku.com berikan 4 rekomendasi kuliner dekat Merapi Garden Cangkringan, Kamis (20/2/2020). 

1. Rumah Makan Pondok Merapi

Rumah Makan Pondok Merapi. (Instagram/@ritapondokmerapi)
Rumah Makan Pondok Merapi. (Instagram/@ritapondokmerapi)

 

Beralamat di Jalan Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Rumah Makan Pondok Merapi ini menyajikan berbagai kuliner tradisional yang bikin kamu dijamin kangen Yogyakarta.

Mulai dari sayuran seperti lodeh, lauk pauk tempe goreng hingga bacem, semuanya tersedia lengkap di Rumah Makan Pondok Merapi ini.

Bergaya prasmanan, Rumah Makan Pondok Merapi ini setiap harinya buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam.

Lokasinya tak jauh dari Merapi Garden Cangkringan, atau kurang lebih berjarak sekitar 1,2 kilometer atau dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu tak sampai 5 menit.

2. Jadah Tempe Mbah Carik

Kuliner dekat Agrowisata Bhumi Merapi. (Guideku/Arendya)
Kuliner dekat Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)

Kuliner nan unik ini bisa Anda dapatkan di Warung Jadah Tempe Mbah Carik. Alamat Warung Jadah Tempe Mbah Carik berada di Jalan Kaliurang (Jakal) Kilometer 12,5, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Warung Jadah Tempe Mbah Carik sendiri buka setiap harinya mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Jajanan legendaris ini dulunya merupakan kuliner favorit Sri Sultan Hamengkubuwono IX, lho, travelers.

Jadah tempe sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dua jenis makanan. Jadah sendiri adalah olahan ketan berwarna putih dan biasanya dapat disantap dengan tahu atau tempe.

Dapat dijadikan oleh-oleh, Jadah Tempe Mbah Carik ini lokasinya berjarak 10 kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu 20 menit berkendara dari Merapi Garden Cangkringan.

3. Warung Kopi Merapi

Warung Kopi Merapi. (Guideku/Arendya)
Warung Kopi Merapi. (Guideku/Arendya)

Beralamat di Kepuharjo, Cangkringan, Warung Kopi Merapi siap memanjakan Anda dan keluarga dengan nuansa syahdu beserta lezatnya sejumlah hidangan khas Yogyakarta.

Dari namanya saja sudah dapat travelers tebak, warung ini menyediakan kopi robusta dan arabika yang jadi andalan.

Jika kurang suka dengan kopi, kalian juga bisa mencicipi minuman tradisional lain seperti Jahe Merapi hingga Wedang Secang yang siap menghangatkan tubuh travelers.

Di Warung Kopi Merapi ini, travelers juga bisa mencicipi berbagai kudapan seperti singkong goreng sampai dengan tempe mendoan.

Lokasi Warung Kopi Merapi ini berjarak kurang lebih 2 kilometer atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 menit berkendara dari Merapi Garden Cangkringan.

4. Leyeh Leyeh

Kafe and resto Instagramable Leyeh Leyeh di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)
Kafe and resto Instagramable Leyeh Leyeh di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)

Seiring berjalannya waktu, tempat nongkrong berupa kafe dan restoran di Yogyakarta pilihannya semakin beragam. Nah, berikut Guideku.com rekomendasikan travelers untuk mampir ke restoran sekaligus kafe Leyeh Leyeh ketika berlibur di Yogyakarta.

Leyeh Leyeh sendiri menawarkan konsep menarik di mana travelers bisa duduk menyantap makanan di atas sungai menggunakan alas berupa jaring-jaring nan unik.

Soal makanan tak perlu diragukan lagi, Leyeh Leyeh punya banyak menu andalan yang wajib untuk Anda cicipi. Mulao dari western food berupa pizza dan pasta hingga makanan tradisional tersedia lengkap di Leyeh Leyeh.

Beralamat di Jalan Kaliuran Kilometer 16, kafe sekaligus restoran Leyeh Leyeh ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Merapi Garden Cangkringan atau dapat ditempuh dalam waktu 16 menit jika jalanan dalan keadaan tidak macet.

Itulah 4 rekomendasi kuliner dekat Merapi Garden Cangkringan. Jadi, selamat mencoba, ya!

Terkait

Terkini