Selasa, 22 September 2020

Mengenal Jenis Durian Medan, Ibunda Presiden Jokowi Udah Sempat Cicipi

Ternyata Durian Medan bukan dari Medan, jenisnya berada dari berbagai daerah di Sumut lho

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Jokowi dan Ibunda di Kedai Ucok Durian Tahun 2017 Silam (facebook.com/jokowi)
Jokowi dan Ibunda di Kedai Ucok Durian Tahun 2017 Silam (facebook.com/jokowi)

Guideku.com - Ibunda Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia hari Rabu ini (25/3/2020) di Solo, Jawa Tengah.

Jarang terekspose ikut kunjungan Presiden Jokowi, ternyata ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, pernah ikut dalam kunjungan Jokowi ke Medan, ia pun tampak menikmati makan durian Medan dengan keluarga besarnya.

Presiden Joko Widodo pernah membondong keluarga besarnya saat bertolak ke Medan pada 2017. Sempat tayang di vlog , Jokowi tampak menikmati durian di ke kedai Ucok Durian di Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan, Sumatera Utara bersama ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo. Putra Jokowi, Gibran Rakabuming dan istrinya Selvi Ananda dan anaknya Jan Ethes juga ikut menyantap durian.

Namun tahukah travelers walaupun namanya Durian Medan, ternyata durian khasnya tersebar dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan tidak ada dari Medan. Sebutan Durian Medan lekat karena Medan menjadi ibukota dan ikon yang mudah diingat.

Jadi durian dari tiap daerah di Sumatera Utara ini memiliki khas dan rasa yang berbeda-beda lho.  Ada durian Sidikalang, Durian Nias, Durian Langkat, Durian Siantar, Durian Kabanjahe, Durian Sibolga dan Durian Tarutung.

Untuk travelers yang ingin berwisata kuliner seperti Jokowi dan keluarga besar lakukan, jangan lewatkan menyicipi jenis durian khas berikut dirangkum Guideku.com

Durian Musang King. (instagram.com/durianhut_jb)
Durian Musang King. (instagram.com/durianhut_jb)

Durian asal Bahorok cukup tersohor karena dagingnya dikenal tebal dan enak. Sedangkan Durian Siantar terkenal dengan durian Musang King yang punya daging tebal dan rasanya kuat bikin lahap. Lalu ada Durian dari Tigalingga terkenal paling ekcil dibanding durian lainnya tapi isinya banyak dan berlapis-lapis.

Sedangakn Sidikalang menjadi durian paling banyak didistribusi ke kota-kota di Indonesia karena rasanya yang manis dan jika musim langsung banyak. Lalu ada Durian Langkat yang juga sering dikirim ke berbagai kota karena rasa manis duriannya cukup kuat dan identik dengan rasa manis susu, maka tak heran sebutannya juga di Langkat disebut Durian Susu. 

Kemudian ada Durian Tarutung dan Sibolga yang cukup besar dan isinya berlapis-lapis, pokoknya gak bakal rugi saat dibuka. 

Duh jadi pingin makan durian nih, kalau berkunjung ke Medan jangan lupa cicipi durian dan tanya jenisnya biar sesuai ekspetasi rasanya. 

Terkait

Terkini