Selasa, 07 April 2020

Mengenal Sambal Tumpang dan Karak, Sajian Andalan Mendiang Ibunda Jokowi

Semasa hidupnya, Sujiatmi Notomiharjo begitu pandai memasak sambal tumpang dan karak.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Sambal Tumpang. (Instagram/@anitajoyo)
Sambal Tumpang. (Instagram/@anitajoyo)

Guideku.com - Indonesia tengah berduka atas kepergian Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, tepat pada hari Rabu (25/3/2020) kemarin.

Beliau dikabarkan wafat pada pukul 16.45 waktu setempat di usianya yang ke 77 tahun. Semasa hidupnya, Ibunda Jokowi dikenal sebagai sosok yang sederhana dan penyayang.

Dalam salah satu buku berjudul 'Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi' beliau sempat bercerita bahwa dirinya pandai membuat sajian sambal tumpang dan karak.

Sambal tumpang buatan Sujiatmi Notomiharjo begitu lezat dan menjadi salah satu sajian kegemaran keluarganya. Rasa dari sampal tumpang buatan Ibunda Jokowi sangatlah spesial bahkan sulit untuk ditemukan di tempat lain.

Sebagai informasi, sambal tumpang sendiri merupakan kuliner khas Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Sajian ini terbuat dari tempe yang dicampur dengan cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk serta garam.

Sambal Tumpang. (Instagram/@anitajoyo)
Sambal Tumpang. (Instagram/@anitajoyo)

Umumnya, sambal tumpang dihidangkan dengan aneka sayur yang sudah direbus. Sambal tumpang ini paling nikmat disantap dengan seporsi nasi putih yang masih hangat.

Sebagai pelengkap, sambal tumpang biasanya semakin lezat jika disantap dengan peyek dengan cita rasa renyah.

Selain sambal tumpang, rupanya Ibunda Jokowi juga sangat pandai membuat karak.

Dahulu, Sujiatmi Notomiharjo juga sering membuat karak bersama pembantu rumah tangganya yang bernama Yu Mi.

Kerupuk karak. (Instagram/@ryanartiana)
Kerupuk karak. (Instagram/@ryanartiana)

Karak buatan Ibunda Jokowi tersebut seringkali dibagikan olehnya kepada anak dan cucu Sujiatmi Notomiharjo sendiri.

Karak sendiri merupakan walah satu camilan pendamping makan siang yang terbuat dari nasi. Layaknya kerupuk, karak memiliki tekstur renyah dan gurih di setiap gigitan.

Untuk membuat karak, nasi terlebih dahulu harus dikukus bersama dengan bumbu seperti bawang putih dan garam. Usai dikukus, nasi ditumbuk dengan halus, dijemur hingga kering kemudian digoreng dalam minyak panas.

Jadi bagaimana travelers? Tertarik untuk membuat sambal tumpang dan kerupuk karak nan renyah seperti buatan Ibunda Jokowi ini?

Terkait

Terkini