Senin, 06 Juli 2020

APD Langka, Orang Ini Malah Pakai Baju Hazmat Buat Beli Cabai

Sontak, perbuatannya itu pun menuai reaksi keras dari warganet.

Silfa Humairah | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
APD Langka, Orang Ini Kepergok Pakai Baju Hazmat ke Pasar (twitter.com/afrkml)
APD Langka, Orang Ini Kepergok Pakai Baju Hazmat ke Pasar (twitter.com/afrkml)

Guideku.com - Banyaknya berita mengenai penyebaran virus corona COVID-19 serta terus meningkatnya jumlah pasien positif telah menyebabkan keresahan di masyarakat.

Meski gerakan 'di rumah aja' sudah digalakkan, namun tak bisa dipungkiri jika kita masih harus keluar rumah untuk hal-hal mendesak seperti belanja bahan makanan.

Agar tetap aman, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan mempraktikkan social distancing hingga mencuci tangan setelah selesai berbelanja.

Meski begitu, baru-baru ini potret dua orang warga yang terlihat memakai baju hazmat atau baju pelindung saat belanja di pasar menjadi viral di media sosial.

Lewat unggahan akun @afrkml di Twitter, tampak jika dua orang yang memakai baju hazmat tersebut tengah membeli cabai di pasar.

Foto itu sendiri rupanya pertama muncul lewat Instagram story. Di sana, sang pengunggah menulis caption mengkritik perbuatan tersebut.

APD Langka, Orang Ini Kepergok Pakai Baju Hazmat ke Pasar (twitter.com/afrkml)
APD Langka, Orang Ini Kepergok Pakai Baju Hazmat ke Pasar (twitter.com/afrkml)

"Yang paling sedih di antara kekacauan ini adalah teman-teman di RS/klinik yang masih tetap mau periksa pasien tanpa APD. Padahal kami dibenarkan untuk tidak memeriksa pasien jika tidak ada alat pelindung diri," tulis caption tersebut.

"Teman-teman bayangkan kalau ada orang yang kita kenal sesak berat terus dokternya nggak punya APD karena dipakai ke pasar sama kamu. Dokternya tidak mau ambil risiko karena mereka punya orangtua juga yang rentan tertular di rumah..."

Seperti kita ketahui, keberadaan APD (alat pelindung diri) bagi tenaga medis tengah ramai diperbincangkan. Pasalnya, masih ada tenaga medis yang terpaksa harus bekerja dengan APD seadanya.

Cuitan itu sendiri kini viral dan disukai lebih dari 2,8 ribu orang. Beberapa juga memberikan kritikan lewat kolom komentar.

"Nggak mungkin tenaga medis nyasar di pasar. Kalau ini netizen sampai gini parah, APD langka, sampai tenaga medis pakai seadanya. Kasian tenaga medis yang lebih sangat amat butuh daripada kalian."

"Ini yang ngejual bisa filter konsumen nggak sih, khusus alokasikan barang buat yang butuh gitu, faskes atau pekerja medis," saran netizen.

"Nggak ngerti cara pikirnya, beli tuh buat dikasihin ke tenaga medis kek, bukan buat ke pasar kayak gini," imbuh yang lain.

Terkait

Terkini