Persia Wahab Kenang Ibunda Jokowi: Beliau Sangat Suka Sajian Berkuah

Keibuan dan sangat sederhana, sosok Ibunda Jokowi buat mantan chef salah satu maskapai penerbangan di Indonesia ini kagum.

Silfa Humairah | Arendya Nariswari
Kamis, 26 Maret 2020 | 15:08 WIB
Persia Wahab dan Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. (Dok. Pribadi Persia Wahab)

Persia Wahab dan Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. (Dok. Pribadi Persia Wahab)

Guideku.com - Indonesia tengah berduka atas kepergian Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo pada Rabu sore (25/3/2020) lalu. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 16.45 di Rumah Sakit TNI Slamet Riyadi Solo. Menjadi seorang ibu dari orang nomor satu di Indonesia, Sujiatmi Notomiharjo dikenal begitu sederhana dan penyayang. Sifat keibuannya juga jelas terkenang di ingatan sosok Persia Wahab, salah seorang mantan chef maskapai penerbangan kebanggan Indonesia yang pernah berjumpa dengan Ibunda Jokowi.

Kepada Guideku.com, wanita yang akrab disapa Persia tersebut menceritakan pengalamannya ketika bertugas di pesawat yang ditumpangi oleh Ibunda Jokowi tersebut

"Saya ingat betul, pada waktu itu tanggal 22 Mei 2015, mendapatkan tugas untuk menghidangkan makanan dalam penerbangan GA 982 dari Jakarta menuju Jeddah, kebetulan ibu (Sujiatmi Notomiharjo) hendak melaksanakan ibadah umrah," ungkap Persia.

Baca Juga: Mengenal Sambal Tumpang dan Karak, Sajian Andalan Mendiang Ibunda Jokowi

Ketika diwawancarai oleh Guideku.com, Kamis (26/3/2020) Persia mengatakan bahwa Ibunda Jokowi merupakan sosok yang keibuan dan begitu sederhana. Di awal penerbangan, Persia sempat menawarkan sejumlah menu makanan yang ada di pesawat kepada Ibunda Jokowi.

"Sewaktu dalam perjalanan, kami sempat menawarkan beberapa menu ada Indonesia, western dan middle east. Dan ternyata pada waktu itu ibu tetap memilih menu Indonesia yang ada di pesawat," imbuh Persia.

Persia menambahkan bahwa Ibunda Jokowi sangat tenang, sederhana dan tidak memiliki permintaan khusus ketika memesan makanan di pesawat.

Baca Juga: Pernah Disambangi Ibunda Jokowi, Begini Indahnya Puncak Lolai di Toraja

"Ada beberapa makanan yang kami tawarkan, tapi ibu sepertinya suka sajian berkuah, jadi beliau memilih Soto Lamongan pada waktu itu. Ibu hanya request mie yang ada dalam sajian soto diganti dengan nasi hangat saja, sangat sederhana," ungkap Persia.

Persia Wahab dan Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. (Dok. Pribadi Persia Wahab)
Persia Wahab dan Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. (Dok. Pribadi Persia Wahab)

Usai menikmati late lunch, tiba saatnya untuk makan malam. Persia kembali menawarkan sejumlah menu kepada Ibunda Jokowi pada waktu itu. Namun lagi-lagi, betapa takjubnya Persia ketika mendengar Ibunda Jokowi memilih menu Soto Bandung.

"Ibu ini sangat spesial ya, sepertinya memang cinta sekali dengan masakan Indonesia, jadi pada waktu itu beliau memilih menu Soto Bandung saja, tanpa adanya tambahan apa-apa" ungkap Persia begitu antusias ketika menceritakan pengalamannya itu.

Baca Juga: Mengenal Jenis Durian Medan, Ibunda Presiden Jokowi Udah Sempat Cicipi

Berdebar-debar, bangga sekaligus kagum, menyelimuti perasaan Persia pada waktu itu. Ibunda Jokowi bahkan sempat berbincang-bincang singkat dengan Persia dan memuji kelezatan makanan yang disajikannya.

Sudjiatmi, ibunda Presiden RI Jokowi, ikut menggunakan hak suaranya dalam Pemilu dan Pilpres 2019 di TPS 38 Manahan, Kampung Tirtoyoso, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019). [Suara.com/M Alfi Makhsun]
Sudjiatmi, ibunda Presiden RI Jokowi, ikut menggunakan hak suaranya dalam Pemilu dan Pilpres 2019 di TPS 38 Manahan, Kampung Tirtoyoso, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019). [Suara.com/M Alfi Makhsun]

"Ibu sempat saya tawarkan peppermint tea sebelum tidur, namun sungguh pribadi sederhana ibu sampai saat ini membuat saya terkagum-kagum, ibu tak mau apa-apa melainkan hanya segelas air putih hangat," ucap Persia.

Tak lupa pada waktu itu Persia mengabadikan momen dengan berfoto bersama Ibunda Jokowi di pesawat sebelum waktu landing tiba.

Menjadi momen pertama dan terakhir berjumpa dengan Ibunda Jokowi, Persia mengaku sangat kehilangan ketika mendengar berita duka tersebut.

Meskipun bertemu dalam waktu singkat, Persia begitu merasakan sifat keibuan dan kesederhanaan Sujiatmi Notomiharjo yang melahirkan sosok Presiden RI Joko Widodo

"Terkenang betul sih, sosok Ibunda Jokowi ini, begitu sopan dari mulai datang dan sewaktu saya bertemu sangat ramah, sederhana, nggak minta neko-neko, saya benar-benar salut sekali dengan beliau," tutup Persia.

Berita Terkait TERKINI
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Konsumsi makanan pedas ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan jantung....
food | 14:30 WIB
Mau coba bikin sandwich telur lipat? Simak resep yang dibagikan Chef Devina Hermawan berikut....
food | 12:45 WIB
Catat tempat dan tanggalnya ya!...
food | 17:13 WIB
Bisa jadi alternatif pengganti nasi, inilah beberapa sumber karbohidrat yang juga kaya nutrisi....
food | 17:26 WIB
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Tampilkan lebih banyak