Cegah Corona, Gerai McDonalds Indonesia Tiadakan Layanan Makan di Tempat

Gerai McDonalds Indonesia tiadakan layanan makan di tempat mulai Rabu, 1 April 2020 ini.

Silfa Humairah
Rabu, 01 April 2020 | 10:00 WIB
 Delivery McDonalds . (Shutterstock)

Delivery McDonalds . (Shutterstock)

Guideku.com - Imbauan phisicly distancing membuat gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald’s atau McD akan menutup sementara layanan makan di tempat (dine-in) di seluruh gerai McD di Indonesia mulai Rabu, 1 April 2020 ini. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Lewat siaram tertulis yang diterima Suara.com, konsumen yang ingin menikmati menu McD tetap dapat memesan lewat layanan Contactless Service Take Away, Contactless Drive Thru, dan Contactless McDelivery. 

"Penutupan layanan makan di tempat ini berlangsung hingga 14 hari ke depan, dan dapat disesuaikan dengan mempertimbangkan situasi darurat virus corona yang ditetapkan pemerintah," bunyi rilis tersebut.

Baca Juga: Kasus Corona Menurun, Pasar di China Kembali Dibuka dan Jual Hewan Liar

Ilustrasi Delivery Order (Pixabay/SandeepHaripuria)
Ilustrasi Delivery Order (Pixabay/SandeepHaripuria)

Mengenai penutupan sementara layanan makan di tempat, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka mengatakan bahwa sikap perusahaannya merupakan dukungan penuh terhadap imbauan pemerintah kepada seluruh pelaku bisnis di Indonesia untuk berperan aktif mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami sangat mendukung pemerintah Indonesia yang berupaya mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kami lakukan dengan membatasi ruang berkumpul masyarakat di tengah pandemi ini.  Dengan suka rela kami menutup sementara layanan dan area makan di tempat di seluruh restoran McDonald’s di Indonesia, dan mengarahkan konsumen untuk memanfaatkan layanan Drive Thru, Take Away, dan McDelivery untuk menikmati menu McD. Keselamatan dan keamanan konsumen dan karyawan adalah prioritas McDonald’s Indonesia," kata Sutji.

Selain penutupan sementara layanan makan di tempat, Sutji juga menyampaikan bahwa McDonald’s Indonesia telah memperketat prosedur operasional standar dalam meningkatkan kebersihan di restoran-restoran McDonald’s mulai dari area dapur hingga ke semua titik kontak konsumen.

Baca Juga: Lezat dan Bikin Kenyang, Jajal Resep Kreasi Semur Tahu Anti Ribet Yuk!

"Kami meningkatkan kebersihan dan menerapkan layanan contactless, yakni Contactless Serving Take Away, Contactless Drive Thru, dan Contactless McDelivery. Pada layanan McDelivery, misalnya, kami mewajibkan pengiriman makanan diantar dengan tidak melakukan kontak fisik sama sekali antara konsumen dan rider McDelivery. Konsumen dapat mengambil sendiri pesanan langsung di dalam boks McDelivery. Untuk pembayaran, rider McDelivery akan menyiapkan dua kantong plastik, satu untuk pembayaran dan satu lainnya untuk uang kembalian.”

Meski tidak dapat menikmati makanan di dalam restoran, McDonald’s memastikan kebersihan restoran dan kru tetap menjadi priorotas dan selalu meningkatkan frekuensi pembersihan semua titik kontak dengan konsumen seperti gagang pintu, area tunggu pesanan, area cuci tangan, dan musholla.

Selama menutup layanan layanan di tempat, McDonald’s untuk sementara waktu juga meniadakan layanan self-ordering kios.

Baca Juga: Produktif di Dapur, Nicky Tirta Bagikan Resep Pisang Nugget Lumer

"Prinsip kebersihan di seluruh titik kontak konsumen adalah standar operasional sehari-hari McDonald’s. Di tengah darurat virus corona, kami memperketat operasional, meningkatkan kebersihan kru dan restoran. Kami ingin konsumen dapat tetap menikmati menu McDonald’s tanpa keraguan akan kebersihan dan kualitas makanan dan minuman yang dipesan," pungkas Sutji.

Di tengah darurat virus corona, yuk patuh imbauan phisicly distancing untuk sementara waktu cegah penyebaran virus corona. (Risna Halidi)

Berita Terkait TERKINI
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Konsumsi makanan pedas ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan jantung....
food | 14:30 WIB
Mau coba bikin sandwich telur lipat? Simak resep yang dibagikan Chef Devina Hermawan berikut....
food | 12:45 WIB
Catat tempat dan tanggalnya ya!...
food | 17:13 WIB
Bisa jadi alternatif pengganti nasi, inilah beberapa sumber karbohidrat yang juga kaya nutrisi....
food | 17:26 WIB
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Tampilkan lebih banyak