Selasa, 26 Mei 2020

Santapan Lezat saat Lebaran, Begini Cara Membuat Gudeg Khas Yogyakarta

Rindu kuliner Yogyakarta? Yuk intip cara membuat gudeg untuk lebaran berikut ini.

Silfa Humairah | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Rahasia Dapur Gudeg Yu Djum. (instagram.com/gudegyudjum)
Rahasia Dapur Gudeg Yu Djum. (instagram.com/gudegyudjum)

Guideku.com - Santapan Lezat saat Lebaran, Begini Cara Membuat Gudeg Khas Yogyakarta.

Yogyakarta memang dikenal sebagai sentra kuliner nikmat dan tentunya memili cita rasa yang begitu khas. Salah satu kuliner tradisional populer di Yogyakarta ialah gudeg.

Momen lebaran kali ini berbeda dari biasanya, tidak sedikit orang-orang yang terpaksa menunda mudik demi mencegah penularan virus corona di kampung halaman mereka.

Untuk mengobati rasa rindu akan kehangatan kuliner Yogyakarta, berikut kami rangkum cara membuat gudeg yang nantinya dapat Anda sajikan ketika Hari Raya Idul Fitri.

Bahan-bahan membuat gudeg:

Ilustrasi gudeg khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)
Ilustrasi gudeg khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)

Bumbu gudeg:

Langkah membuat gudeg:

  1. Pertama-tama, rebus nangka muda hingga mata, lalu cuci dan peras. Jangan lupa untuk merebus telur yang sudah disiapkan lalu kupas.
  2. Haluskan bawang, ketumbar sangrai lalu masak dengan cara digongso dan ditamabhi dengan gula merah, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, gongso hingga matang.
  3. Tata seluruh bahan bumbu tadi di dalam panci beserta telur rebus, nangka muda dan juga santan. Masak hingga kuahnya menyusut sesuai selera.
  4. Angkat gudeg dari panci, pindahkan ke atas piring yang sudah dilapisi dengan daun pisang agar tampilannya semakin cantik.

Nah, itu dia tadi cara membuat gudeg khas Yogyakarta yang bisa dijadikan menu untuk lebaran nanti. Selamat mencoba dan semoga bisa melepas rindu kalian akan kampung halaman di Yogyakarta ya!

Terkait

Terkini