Selasa, 26 Mei 2020

Tambah Wawasan, Warganet Ini Ungkap Perbedaan Pempek Kapal Selam dan Telur

Serupa, ternyata kedua kuliner khas Palembang ini punya perbedaan lho.

Silfa Humairah | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Pempek Candy Palembang. (Guideku.com/Arendya)
Pempek Candy Palembang. (Guideku.com/Arendya)

Guideku.com - Tambah Wawasan, Warganet Ini Ungkap Perbedaan Pempek Kapal Selam dan Telur.

Pempek menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Kuliner khas Palembang ini terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan diolah menggunakan tepung kanji.

Umumnya, pempek disantap dengan kuah cuko agar rasanya semakin lezat. Ragam jenis pempek juga beragam, mulai dari lenjer, bulat, tekwan hingga kapal selam.

Nah, belum lama ini salah seorang pengguna Twitter mengungkapkan perbedaan antara pempek kapal selam dengan pempek telur.

Meskipun sama-sama berisi telur, rupanya keduanya punya rasa dan cara pembuatan berbeda.

"Istilah pempek kapal selam itu baru ada sekitar tahun 1970-an. Sebelumnya orang Palembang menyebutnya sebagai pempek telok besak. Bicara kapal selam = bicara pempek telok kecik. Ada 3 pembeda antara kapal selam dan telur kecil: ukurannya, isiannya, penyajiannya," tulis akun Twitter @lailadimyati.

Laila dalam utasannya tersebut menjelaskan bahwa ukuran pempek kapal selam ini lebih besar 4 kali dibandingkan pempek telur.

Tambah Wawasan, Warganet Ini Ungkap Perbedaan Pempek Kapal Selam dan Telur. (Twitter/@lailadimyati)
Tambah Wawasan, Warganet Ini Ungkap Perbedaan Pempek Kapal Selam dan Telur. (Twitter/@lailadimyati)

Dirinya juga menambahkan bahwa pempek kapal selam ini memiliki isi 1 butir telur mentah. Lain halnya dengan isian pempek telur yang berupa telur kocok mentah.

Intinya pempek kapal selam berisi satu telur ceplok, sedangkan pempek telur berisi telur dadar.

Kabarnya, memasukkan satu telur utuh mentah ke dalam pempek kapal selam ini membutuhkan keahlian khusus. Ketebalan adonan pempek yang terlalu tipis dapat beresiko tidak terbentuk sempurnanya makanan tersebut alias berantakan.

"Sekecil apapun bentuk pempek kapal selam, kalau isiannya berupa 1 telur utuh mentah ada kuning dan putih terpisah, maka harus disebut kapal sela, Adakah pempek kapal selam yang isinya telur kocok? Nggak ada. Karena nggak ada artinya, sama saja dengan makan 4 biji pempek telur kecil," imbuhnya.

Terakhir, Laila menyebutkan bahwa pempek kapal selam pasti digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan. Sementara itu, pempek telur jauh lebih lezat jika disantap sesudah direbus tanpa digoreng.

Terkait

Terkini