Selasa, 07 Juli 2020

Viral Rebus Daging Bareng Sendok Bisa Bikin Empuk, Ini Kata Chef

Alasannnya sendok bisa menghantarkan panas dan membuat daging lebih cepat empuk. Benarkah demikian?

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)
Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)

Guideku.com - Viral Rebus Daging Bareng Sendok Bisa Bikin Empuk, Ini Kata Chef.

Sajian olahan daging biasanya menjadi menu wajib selama Lebaran. Tapi sering kali salah memasak membuatnya daging tidak empuk. Maka tips rebus daging pakai sendok bisa bikin empuk daging viral di media sosial.

 Alasannnya sendok bisa menghantarkan panas dan membuat daging lebih cepat empuk. Benarkah demikian?

Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort, Chef Bahran secara tegas tidak setuju dengan pendapat itu. Menurutnya itu hanyalah tindakkan berbahaya, dan hanya mitos belaka.

"Aduh, itu mitos. Elemen yang terkandung sendok akan membahayan kesehatan kita," ujar Chef Bahran, saat dihubungi suara.com, Sabtu (23/5/2020).

Meski katanya sering dilakukan orangtua terdahulu, namun Chef Bahran memastikan dalam dunia chef yang sudah ia tekuni lebih dari 30 tahun, termasuk berkiprah di negara Timur Tengah, tidak pernah menggunakan teknik itu.

"Di dunia chef, engga ada pemakaian dikasih sendok (saat memasak)," kata dia setengah berkelakar.

Ia menjelaskan ada beberapa hal yang membuat daging cepat empuk saat dimasak, seperti sapi yang digunakan adalah daging sapi muda, dimana teksturnya belum sepadat dan sekeras sapi yang telah berumur.

"Mungkin daging (yang dimasak) impor, daging sapi muda," katanya.

Atau bisa juga kata Chef Bahran, daging yang digunakan adalah bagian tenderloin atau bagian terluar tengah badan sapi. Bisa juga bagian sirloin atau bawah iga sapi.

"Tenderloin sirloin itu cukup empuk," jelasnya.

Sementara itu, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk membuat rendang adalah 40 menit, lama dan cepatnya bergantung pada jenis daging sapi dan besaran api yang digunakan.

Sebelumnya viral akun @kojekrapbetawi membuktikan dengan eksperimen memasak daging dengan sendok. Alhasil, bukannya empuk daging malah masih kenyal dan alot. (Dini Afrianti Efendi)

Terkait

Terkini