Kamis, 29 Oktober 2020

Resep Ayam Bumbu Bali, Santap Kuliner Pulau Dewata di Rumah Aja

Buat resep Ayam Bumbu Bali di rumah aja

Silfa Humairah | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Ayam Goreng (Pixabay/mrpizzamandc)
Ilustrasi Ayam Goreng (Pixabay/mrpizzamandc)

Guideku.com - Resep Ayam Bumbu Bali, Santap Kuliner Pulau Dewata di Rumah Aja.

Untuk mengobati kerinduan akan liburan di Pulau Dewata, kali ini Guideku.com akan mengajak Anda untuk membuat menu ayam bumbu Bali.

Cita rasa rempahnya yang khas, membuat ayam bumbu Bali ini siap untuk mengobati kerinduan kalian akan momen liburan di Pulau Dewata.

Berikut Suara.com rangkum, resep ayam bumbu Bali dari laman Cookpad, Sabtu (30/5/2020), untuk Anda.

Bahan membuat ayam bumbu Bali:

 

Sajian ayam bumbu bali. (Shutterstock)
Sajian ayam bumbu bali. (Shutterstock)

 

Cara membuat ayam bumbu Bali:

  1. Pertama-tama siapkan air, kemudian bubuhkan sedikit garam lalu rebus ayam hingga matang. Proses perebusan di sini berguna untuk mengurangi kadar minyak yang ada dalam masakan.
  2. Agar bumbu semakin terasa sedap, terlebih dahulu bumbu kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe dan terasi dibakar atau disangrai terlebih dahulu.
  3. Setelah disangrai, haluskan bumbu dengan cara diuleg atau bisa juga diblender menggunakan food processor. Lalu, tumis bumbu menggunakan minyak goreng secukupnya.
  4. Jika aromanya sudah terasa wangi, tambahkan daun jeruk, sereh, salam serta perasa jeruk nipis. Tambahkan sedikit air, masukkan garam, lada dan juga penyedap secukupnya serta kecap manis.
  5. Koreksi rasa, kemudian masukkan ayam yang sudah direbus tadi. Masak sampai bumbu meresap ke dalam daging ayam. Setelah matang, angkat dan pindahkan ke atas piring kemudian sajikan selagi hangat.

 

Nah, itu tadi resep ayam bumbu Bali yang dapat Anda coba di rumah. Semoga bisa mengobati rasa rindu kalian akan momen liburan di Pulau Dewata, ya!

Terkait

Terkini