Sabtu, 27 Februari 2021

Tips Menyimpan Daging Kurban Biar Awet dan Kualitas Rasa Terjaga

Cara menyimpan daging kurban supaya awet.

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)
Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)

Guideku.com - Memasuki hari besarIdul Adha, menerima banyak daging kurban membuat Anda harus tahu bagaimana menyimpan dan mengolahnya agar awet. Pasalnya, daging tidak selalu akan langsung dimasak, tapi harus disimpan untuk beberapa waktu.

Daging mentah haruslah disimpan di frezeer agar bakteri tidak mencemari daging. Baiknya disimpan di freezer dengan suhu di bawah 0 derajat Farenheit (-18 derajat Celcius).

Melansir dari Healthline, berikut Suara.com rangkum cara menyimpan daging kurban supaya awet.

Sebelum memegang daging, pastikan tangan dan alat dapur sudah dicuci bersih. Bakteri yang ada bisa menyebar antara tangan dan daging dengan cepat.

Begitu juga dengan kegiatan mencuci daging. Sangat tidak disarankan mencuci daging sebelum disimpan. Daging yang sudah dicuci akan menyimpan banyak air yang bisa membuatnya lebih mudah freezer burn atau dilapisi kristal es. Daging yang sudah dilapisi kristal es akan berubah rasa dan juga kualitasnya. Selain itu, bakteri juga bisa dengan mudah menyebar ke alat dapur ataupun sebaliknya. 

Agar daging bisa tahan lama, pastikan daging yang disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara.

Dalam penyimpanannya, penting untuk memisahkan daging mentah dengan daging yang sudah matang di dalam freezer. Tempatkan daging mentah di bagian bawah freezer.

Setelah disimpan, beri tanggal di wadahnya. Hal ini berguna agar daging tidak disimpan dalam waktu yang lama. Meskipun daging sapi bisa bertahan di freezer dengan suhu yang tepat selama 6-12 bulan.

Agar daging tetap terjaga kualitas, penting untuk memperhatikan tips di atas sehingga tidak keliru lagi. (Hani)

Terkait

Terkini