Maju Pilkada Solo, Intip 8 Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka, diketahui aktif membuka usaha kuliner di berbagai kota yang tersebar di Indonesia.

Silfa Humairah
Senin, 27 Juli 2020 | 17:00 WIB
Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka, dalam sebuah acara promo bisnis mereka di Jakarta, Minggu (11/3/2018) lalu. [Suara.com / Kurniawan Mas'ud]

Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka, dalam sebuah acara promo bisnis mereka di Jakarta, Minggu (11/3/2018) lalu. [Suara.com / Kurniawan Mas'ud]

Guideku.com - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo jadi sorotan karena terjun di dunia politik, ia diketahui akan mengikuti Pilkada Solo 2020. Sebelumnya Gibran Rakabuming cukup dikenal sebagai pengusaha sukses yang cukup aktif membuka bisnis kuliner.

Sejak disorot usai sang Ayah menjadi presiden RI, Gibran Rakabuming Raka, diketahui aktif membuka usaha kuliner di berbagai kota yang tersebar di Indonesia.

Berikut usaha kuliner Gibran Rakabuming Raka yang terus berkembang dirangkum dari website produknya.

Baca Juga: Resep Pizza Cubit Super Mini, Cocok untuk Anak Kost Nih

1. Chili Pari

Ilustrasi cincin pernikahan (unsplash)
Ilustrasi pernikahan (unsplash)

Chili Pari merupakan bisnis kuliner pertama yang dibangun pada akhir tahun 2010. Chili Pari merupakan penyedia jasa one-stop wedding solution yang berbasis di Kota Solo, Jawa Tengah.

Bisnis ini menyediakan jasa catering, penyediaan gedung, suvenir, undangan, Master Ceremony (MC), mobil pengantin, dekorasi, rias pengantin, dokumentasi, sound system. Selain itu, pemakai jasa dapat berkonsultasi secara gratis, terkait rencana pernikahan yang akan digelar. Untuk bisnis cateringnya, Chili Pari fokus pada masakan Jawa dengan konsep yang berbeda yaitu “Traditional Taste, Modern Touch”, dikutip dari situs resminya, 

Baca Juga: Curhatan Barista Minuman Kekinian Ini Relate Banget di Kehidupan Nyata

2. Markobar

Markobar merupakan singkatan dari Martabak Kotta Baru. Markobar berkonsentrasi di jenis makanan yaitu martabak manis. Martabak yang disediakan dibiarkan terbuka diberikan berbagai macam topping premium dan disajikan mirip dengan pizza. Delapan varian toping menarik disediakan untuk pembeli seperti cokelat Toblerone, cokelat Ovomaltime, KitKat cokelat, green tea matcha , Silverqueen, Tim Tam Red Velvet, Nutella dan Oreo. Selain martabak manis, gerai ini juga menyediakan martabak tipis kering. Sampai saat ini, sudah ada 33 gerai Markobar yang tersebar di seluruh Indonesia diantaranya, Jakarta, Bandung, Bali, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, Medan, dan seterusnya.

3. Pasta Buntel Pasta Buntel

Baca Juga: Sempat Ditutup Usai Viral, Gunung Telomoyo Sudah Dibuka Lagi

Usaha ini merupakan usaha kuliner yang dikembangkan Gibran bersama tiga temannya pada bulan Oktober 2015. Bisnis ini fokus ke panganan berbahan dasar pasta. Berbeda dengan pasta umumnya, pasta akan dibumbui degan bumbu khas Nusantara yang dibungkus dengan daun pisang. Cara memasak pasta juga unik, yaitu dibakar layaknya pepes. Ada beragam varian rasa yang disediakan diantaranya original, bumbu rendang, opor, sambal hijau, dan lain-lain.

4. Mangkok Ku

Mangko Ku menyediakan beragam jenis rice bowl dengan cita rasa Indonesia. Bisnis ini ia bangun dengan mengandeng Chef Arnold Poernomo, Kaseng dan Randy Julius. Mangkok Ku mulai beroperasi di pertengahan Juni 2019.

Ada beragam macam menu yang ditawarkan seperti nasi di mangkok dengan topping ayam, lidah sapi, dan telur plus sambal Nusantara.

5. Kemripik Kemripik

Kemripik Kemripik. (Twitter/@kaesangp)
Kemripik Kemripik. (Twitter/@kaesangp)

Camilan ini merupakan produk yang dirintis oleh kedua putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Keripik ini dibuat dari campuran tepung terigu, sagu, minyak sawit dengan varian bumbu menarik yakni Original, Nasi Goreng Seafood, dan Seblak Bandung

Produk ini dapat ditemui di minimarket yang tersebar di Indonesia.

6. Ngedrink Ngedrink

Selain makanan dan camilan, Gibran Rakabuming Raka juga memiliki produk minuman hangat siap seduh yang mengusung konsep minuman tradisional.

Ada tiga varian rasa unik yaitu Kacang Ijo, Jahe Kacang, dan Jahe Susu yang dikemas di gelas karton.

7. Goola

Masih di bidang food and beverage atau makanan dan minuman. Gibran Rakabuming Raka juga membuka Goola berupa bisnis rintisan minuman yang berbasis signature atau original minuman dari Indonesia seperti Es Doger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren.

8. Ternakopi

Ternak Kopi. (Instagram/ternakopi)
Ternak Kopi. (Instagram/ternakopi)

Minuman kopi rasa kekinian sedang hits, Gibran Rakabuming Raka pun meluncurkan produk kopinya yaitu Ternakopi. Seperti namanya, bisnis kolaborasi ini punya kopi susu gula aren yang dikemas di dalam botol. Kalau kamu menyambangi Mangkok Ku akan menjumpai produk Ternakopi.

Cukup beragam, mulai dari makanan hingga minuman kekinian dan minuman tradisional menjadi gebrakan usaha kuliner Gibran Rakabuming Raka.

Berita Terkait TERKINI
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Konsumsi makanan pedas ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan jantung....
food | 14:30 WIB
Mau coba bikin sandwich telur lipat? Simak resep yang dibagikan Chef Devina Hermawan berikut....
food | 12:45 WIB
Catat tempat dan tanggalnya ya!...
food | 17:13 WIB
Bisa jadi alternatif pengganti nasi, inilah beberapa sumber karbohidrat yang juga kaya nutrisi....
food | 17:26 WIB
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Tampilkan lebih banyak