Selasa, 09 Maret 2021

Biar Semakin Menggugah Selera, Simak Kiat Memotret Makanan Berkuah

Foto menjadi salah satu faktor terpenting untuk menjual produk kuliner saat ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Makanan berkuah. (Pixabay/Naim Benjelloun)
Makanan berkuah. (Pixabay/Naim Benjelloun)

Guideku.com - Foto makanan berkuah biasanya tampak begitu menggoda dan mendadak bikin lapar. Kira-kira, bagaimana caranya memotret makanan hingga efeknya bisa seperti itu?

Foto adalah faktor terpenting untuk menjual produk masa kini. Apalagi zaman media sosial, foto harus menarik dan menggugah selera apabila produknya adalah makanan.

Memotret makanan kering mungkin relatif mudah. Bagaimana dengan makanan berkuah, seperti soto, rawon, sayur sop dan sebagainya? Pastinya butuh trik, dong.

Nah, sebuah trik memotret makanan belum lama ini dibagikan Hasan Fagundez seorang fotografer makanan. Akun Instagram @hasan_fagundez miliknya memang dipenuhi dengan foto makanan hasil jepretannya yang menggugah selera.

Trik foto makanan berkuah. (Dok:Instagram/@dagelan)
Trik foto makanan berkuah. (Dok:Instagram/@dagelan)

Dibagikan ulang oleh akun Instagram @dagelan, cara memotretnya agar menarik terbagi 5 tahap. Kuncinya ada pada penahan atau ganjalan untuk isi makanan berkuah. Lihat video di sini. 

Pertama, makanan dalam kantong plastik dibuka dan dituang. Lalu, antara isian dan dan kuah makanan dipisah, seperti daging, ayam, sayur, dan sebagainya.

Setelah dipisah siapkan mangkok berwarna kontras sebagai wadah. Letakkan ganjalan seperti bubur, biskuit atau papan sebagai tatakan yang penting tidak mengapung.

Ketiga, letakkan isian sayur seperti daging, sayuran, atau ayam yang sudah dipisahkan ke atas tatakan itu. Pastikan posisi isian membentuk cantik seperti gunung.

Selanjutnya, tuangkan kuah yang sudah dipisahkan perlahan ke dalam mangkok. Pastikan saat dituang tidak merusak posisi isian yang telah dibentuk tadi.

Kelima, setelah bagian tatakan tertutup kuah, sebagai pamungkas dapat ditambahkan toping seperti bawang goreng, daun bawang, atau kecambah agar terlihat menarik.

Tak kalah penting, pastikan mengambil gambar dengan posisi terbaik dan menggunakan pencahayaan yang cukup. Jadi, foto makanan berkuah itu akan lebih eksotis. (*Dini Afrianti Efendi)

Terkait

Terkini