Kamis, 29 Oktober 2020

Nikmat ala Abang Gerobak Biru, Begini Resep Mudah Bikin Mi Ayam Enak

Hadirnya selalu dinanti, jika kesulitan mencari abang gerobak biru kalian bisa buat mi ayam ini sendiri di rumah.

Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mi ayam. (Pixabay/Yash Gooly)
Ilustrasi mi ayam. (Pixabay/Yash Gooly)

Guideku.com - Dari sekian banyak makanan Indonesia, mi ayam menjadi salah satu hidangan populer yang menjadi primadona para pecinta kuliner Nusantara. 

Satu mangkuk mi ayam ini biasanya dilengkapi dengan topping ayam yang sudah dibumbui, kemudian sayuran dan juga saus tomat atau sambal nikmat di bagian atasnya. Membayangkannya saja, mulut rasanya sudah tak sanggup lagi ingin segera menyantap semangkok mi ayam. 

Uniknya lagi, mi ayam ini biasanya dijajakan oleh sang penjual secara berkeliling dengan menggunakan gerobak berwarna biru.Coba kalian ingat kembali, sebagian besar penjual mi ayam pasti menjajakan makanan lezat tersebut dengan gerobak berwarna biru cerah nan mencolok.

Konon katanya, warna biru pada gerobak mi ayam ini sengaja dipilih agar mudah diingat oleh para pelanggan.

Sajian mie ayam. (Shutterstock)
Sajian mie ayam. (Shutterstock)

Terlepas dari misteri gerobak biru mi ayam, sajian ini sebenarnya punya cita rasa khas tersendiri dan begitu menggugah selera jika dihidangkan selagi hangat.

Nah, bagi kalian yang merindukan sajian mi ayam ala abang-abang gerobak biru, berikut Suara.com rangkum resep atau cara membuatnya dari laman Cookpad, Rabu (2/9/2020).

Bahan membuat mi ayam:

Bahan kuah:

Bahan air gurih:

Minyak ayam:

Pelengkap:

Langkah membuat mi ayam abang-abang gerobak biru:

  1. Pertama-tama, mari kita buat kuahnya. Didihkan air, kemudian masukkan tulang ayam, masak hingga air berkurang setengah kemudian bumbui dengan gula, garam merica serta kaldu jamur.
  2. Kemudian setelah itu tahap selanjutnya yakni memasak minyak ayam. Caranya, masak kulit ayam dengan sedikit air, tunggu sebentar hingga airnya menyusut.
  3. Setelah air dalam panci menyusut, tambahkan minyak dan bawang putih cincang. Masak dengan api kecil hingga warnanya kuning kecokelatan.
  4. Berikutnya, blender bahan-bahan berupa bumbu halus, lalu tumis dengan menggunakan daun jeruk, daun salam, dan serai, tunggu hingga aroma wanginya terasa.
  5. Setelah itu, tuang ayam yang sudah dipotong-potong, kemudian tumis sebentar lalu masukkan daun bawang iris.
  6. Tahap selanjutnya, tambahkan air, kecap manis, saus tiram, merica, kaldu jamur, garam dan juga gula. Masak sampai air menyusut dan bumbunya meresap ke dalam daging ayam.
  7. Berikutnya rebus air pada panci, masukkan mi lalu tunggu selama 5 menit hingga teksturnya empuk. Untuk pelengkap air gurihnya, campurkan dengan kaldu jamur, garam dan juga air kemudian aduk rata.
  8. Terakhir, angkat mi ke dalam mangkok, aduk dengan menggunakan air gurih lalu beri topping ayam, irisan caisim, daun bawang, dan saus tomat atau sambal sesuai selera. Jangan lupa tuang kuahnya dulu sebelum menyantap mi ayamnya ya!

Terkait

Terkini