Senin, 28 September 2020

Resep Dessert Creme Brulee, Bahan Murah Rasa Mewah

Berikut cara mudah membuat creme brulee sendiri di rumah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Creme brulee. (Pixabay/RitaE)
Creme brulee. (Pixabay/RitaE)

Guideku.com - Dessert atau makanan penutup di sejumlah restoran bintang lima dikenal punya cita rasa khas yang bikin ketagihan. Salah satu hidangan mewah yang kerap dicari ialah creme brulee.

Creme bulee biasanya terbuat dari bahan-bahan utama seperti krim, gula, dan juga telur. Apa yang menjadi ciri khas dari creme brulee ini adalah gula yang dibakar hingga berwarna cokelat pada bagian atasnya.

Biar tidak semakin penasaran, berikut resep dessert creme brulee dari laman Cookpad.

Creme Brulee. (Pixabay/Ananasplit)
Creme Brulee. (Pixabay/Ananasplit)

Alat dan Bahan:

Cara membuat creme brulee:

  1. Pertama, siapkan bahan dan cetakan untuk creme brulee. Setelah itu didihkan susu cair, whipping cream, bubuk vanilla ke dalam panci. Nyalakan api kecil pada kompor, sisihkan jika sudah mendidih.
  2. Pada panci berbeda, aduk gula pasir dan juga telur. selanjutnya, didihkan air dalam wajan besar dengan api kecil (bathing methode). Caranya, masukan panci kecil berisi gula pasir dan telur tadi ke dalam panci besar.
  3. Aduk whipping cream, vanilla yang masih panas, lalu tuangkan ke dalam panci gula telur. Aduk terus di atas air mendidih tadi sampai teksturnya mengental.
  4. Angkat dan saring cream ke dalam mangkok yang sudah didinginkan dalam kulkas. Tuang adonan cream tadi ke dalam cetakan bundar.
  5. Setelah itu, panaskan oven listrik dengan suhu 140 derajat celcius. Jika oven sudah panas, masukkan loyang berisi cetakan cream brulee tadi.
  6. Panggang cream brulee selama sekitar 70-80 menit. Jika sudah matang, dinginkan dalam suhu ruang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  7. Jika sudah dingin, keluarkan cream brulee dari kulkas, taburi dengan gula lalu bakar hingga membentuk karamel kecokelatan.

Terkait

Terkini