Kamis, 29 Oktober 2020

Suka Order Jajan Makanan di Luar? Perhatian Tips Berikut agar Tetap Sehat

Suka jajan di luar? Perhatian beberapa hal berikut biar tubuh tetap fit selama pandemi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi burger. (Pixabay/Fotorech)
Ilustrasi burger. (Pixabay/Fotorech)

Guideku.com - Banyak orang menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai aktivitas di rumah selama masa pandemi. Saat malas memasak, memesan makanan dengan layanan delivery atau aplikasi ojek online biasanya jadi andalan.

Hanya saja, perlu diingat bahwa makanan yang terlihat menggugah selera di aplikasi ojek online atau layanan delivery belum tentu sehat untuk tubuh Anda.

Makanan dan minuman yang ditawarkan melalui aplikasi ojek online dan layanan delivery, tak jarang memiliki kandungan gula, garam terlalu banyak serta tinggi lemak.

Terlebih, kalau Anda tergolong orang yang berpikiran praktis dan sering memesan makanan melalui layanan delivery atau aplikasi ojek online.

Nah, berikut lima tips untuk tetap sehat meskipun sering jajan makanan dari luar. Apa saja, ya?

Jangan pesan porsi ekstra atau upsize ketika memesan makanan cepat saji

Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)

Kalau Anda sesekali menginginkan makanan cepat saji, coba untuk tak memesan porsi ekstra. Banyaknya porsi yang dipesan membuat Anda lebih banyak mengonsumsi kalori.

Sekilas, promo porsi ekstra harga murah memang begitu menggiurkan. Namun, ada baiknya dihindari supaya tubuh tetap merasa fit sesuai kebutuhan kalori harian Anda.

Usahakan pesan makanan Jepang atau Vietnam

Ilustrasi sushi tuna. (Shutterstock)
Ilustrasi sushi tuna. (Shutterstock)

Tidak cuma menggugah selera, sebagian besar makanan Jepang jauh lebih menyehatkan. Salah satu contoh menu yang bisa kalian pilih misalnya sushi sashimi atau bento dengan kandungan karbohidrat, protein serta lemak baik dari ikan Tuna.

Sajian khas Vietnam juga tidak kalah menarik dan bisa Anda pilih seperti Bahn Mi, Goi Chuon dan masih banyak lagi lainnya.

Coba hindari makanan Jepang yang digoreng seperti ayam karage, tonkatsu dan gyoza dengan kandungan garam tinggi serta kalori.

Pilih varian ini ketika memesan pizza

Ilustrasi pizza dengan topping semangka. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi pizza dengan topping semangka. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Nikmat tiada dua, pizza sesekali bisa jadi makanan selingan. Namun perlu diingat, usahakan untuk memesan pizza dengan varian rasa tertentu biar tubuh Anda tetap fit.

Pilih pizza dengan kulit tipis serta dilengkapi topping seperti salami, makanan laut, vegetarian atau ayam. Coba juga untuk memilih pizza dengan kandungan saus tomat lebih banyak daripada saus krim serta keju.

Pilih opsi makanan kukus atau panggang daripada goreng

Ilustrasi dimsum. (Pixabay/@n23club)
Ilustrasi dimsum. (Pixabay/@n23club)

Sajian yang diolah dengan cara digoreng memang tampak lezat. Namun, sebaiknya hidangan seperti itu harus mulai Anda kurang agar tubuh tetap segar bugar serta sehat.

Terlebih, saat ini mulai banyak restoran atau kafe menawarkan menu makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

Selain sehat untuk tubuh, makanan yang direbus, dikukus atau dipanggang, juga jauh lebih baik bagi kesehatan kulit Anda.

Terkait

Terkini