Rabu, 28 Oktober 2020

Bentuknya Unik, Ternyata Segini Harga Semangka Kotak dari Jepang

Coba tebak! Kira-kira, berapa harga semangka kotak hasil inovasi petani Jepang?

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Potongan buah semangka. (Pixabay/Manfred Richter)
Potongan buah semangka. (Pixabay/Manfred Richter)

Guideku.com - Buah semangka umumnya berbentuk bulat atau agak lonjong. Namun, para petani di Takamatsu, Prefektur Kanagawa Jepang melakukan pengembangan tak lazim terhadap buah tersebut. Pernah lihat semangka kotak?

Ya, mereka mengembangkan buah yang tadinya berbentuk bulat menjadi persegi alias kotak. Bagaimana caranya, ya?

Semangka persegi ini ditanam dalam kotak akrilik khusus supaya bisa mencapai dan mempertahankan bentuk yang diinginkan untuk waktu lama.

Buah-buah itu tidak dibiarkan matang, jadi tidak bisa Anda sebut enak. Namun, jika Anda berencana membeli satu buah seperti itu, Anda harus tahu bahwa buah itu bisa bertahan hingga setahun.

Potongan semangka. (Pixabay/Nelly VINCENT)
Potongan semangka. (Pixabay/Nelly VINCENT)

Kini buah dengan ukuran dan bentuk yang sempurna tersebut adalah bagian dari bisnis besar di Jepang. Tidak jarang, varietas yang paling langka dan paling didambakan dijual seharga ribuan dolar per buah.

Semangka kotak itu juga telah menjadi simbol ikon Jepang dan komoditas yang sangat berharga. Harganya bisa mencapai sekitar USD 100 atau setara Rp 1,4 Juta per buah.

Harga tersebut jauh lebih tinggi dari pada semangka biasa dengan varietas yang sama. Hal itu sebenarnya terbilang aneh, terutama mengingat semangka persegi bahkan tidak bisa dimakan seperti semangka pada umumnya.

"Buah ini dimaksudkan untuk memanjakan mata Anda, tetapi rasanya tak terlalu enak," ungkap manajer toko buah mewah Mototaka Nishimura seperti dilansir dari odditycentral.com pada Selasa (15/09/2020) lalu.

Lebih lanjut, menurut Nishimura, buah semangka kotak ini pantasnya memang cuma dipajang sebagai ornamen. Bisa juga disandingkan dengan bunga yang indah.

Jadi, bagaimana? Apakah kalian masih berminat membeli buah semangka kotak tersebut? (*Luthfi Khairul Fikri)

Terkait

Terkini