Rabu, 28 Oktober 2020

Hobi Bikin Kue? Simak 5 Tips dan Trik Ini agar Oven Tak Mudah Rusak

Agar awet dan tidak mudah rusak, yuk simak cara merawat oven di bawah ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi membuat kue dengan oven. (Unsplash/Alexlam)
Ilustrasi membuat kue dengan oven. (Unsplash/Alexlam)

Guideku.com - Membuat kue menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang dilakukan oleh banyak orang di rumah selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tentu saja, banyak pula orang yang mengandalkan oven listrik dalam proses pembuatan kue.

Selain membuat kue, oven listrik serbaguna juga bisa digunakan untuk memasak berbagai macam hidangan, misalnya ayam panggang. 

Tak sekedar menggunakannya untuk membuat berbagai macam makanan, Anda wajib tahu tips dan trik merawat oven biar tetap bersih serta awet.

Nah, berikut beberapa tips dan trik merawat oven yang berhasil kami rangkum dari laman Asia One.

Lakukan ini untuk menghemat listrik

Oven biasanya mempunyai watt cukup besar dan tentu saja rasanya akan boros jika terlalu lama menggunakannya. Untuk mengakali hal ini, Anda dapat mematikan oven sebelum akhir waktu memasak yang ditentukan.

Biarkan makanan di dalam oven yang masih dalam kondisi panas selama 10 menit. Jadi, Anda bisa menghemat 10 hingga 25 persen tagihan listrik di rumah.

Jauhkan benda berbahan logam dari dasar oven

Jangan sekali-kali meletakkan pemanggang, baki atau kertas alumunium di dasar oven. Hal ini bisa memisu kerusakan cukup parah pada oven. Biasakan juga untuk menutup pintu oven dalam kondisi dingin agar fungsi panel tidak cepat rusak alias awet. 

Ilustrasi memanggang roti dalam oven. (Pixabay/Matthias Boeckel)
Ilustrasi memanggang roti dalam oven. (Pixabay/Matthias Boeckel)

Hilangkan es pada daging sebelum dimasak dalam oven

Langsung memasukkan daging beku ke dalam oven memang terdengar praktis. Sayangnya, hal ini sebaiknya jangan sering Anda lakukan.

Perlu diketahui, butuh energi sekitar 30 persen lebih banyak untuk memasak potongan daging beku, dan lagi-lagi hal ini membuat Anda boros listrik.

Bersihkan oven dalam kondisi dingin

Proses pembersihan oven disarankan dilakukan setelah suhu di dalamnya sudah cukup dingin usai digunakan. Caranya, tuang sabun ke dalam mangkuk berisi sedikit air, kemudian masukkan ke dalam oven selama satu jam dengan suhu 100 derajat Celcius.

Setelah itu, Anda bisa dengan mudah membersihkan noda bekas panggangan dengan cuma sekali mengusap kain basah.

Usahakan segel pintu oven selalu dalam keadaan bersih

Segel oven yang kotor kadang bisa menyebabkan pintu tak berfungsi maksimal. Jika terus dibiarkan kotor, hal ini juga berpotensi mengakibatkan kerusakan parah pada panel kontrol.

Terkait

Terkini