Rabu, 21 Oktober 2020

Bisa Dicoba di Rumah, Begini Cara Mudah Membuat Jajanan Sosis Solo

Coba resep sosis solo berikut ini, yuk!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sosis solo. (Pixabay/Jonathan Valencia)
Ilustrasi sosis solo. (Pixabay/Jonathan Valencia)

Guideku.com - Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), memasak di rumah termasuk kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Salah satu menu yang bisa dicoba adalah sosis solo.

Bukan sosis instan seperti yang dijual di supermarket, makanan berikut ini bentuknya agak mirip lumpia. Kuliner khas Surakarta ini cenderung punya rasa gurih dan nikmat.

Sosis solo paling nikmat disajikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Jajanan tradisional ini terbuat dari daging sapi atau ayam giling yang dibalut kulit telur dadar.

Berikut resep sosis solo, dirangkum dari laman Cookpad, Jumat (17/9/2020).

Bahan-bahan:

Isian:

Ilustrasi sosis solo. (Instagram/@tuo.quo)
Ilustrasi sosis solo. (Instagram/@tuo.quo)

Bumbu halus:

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, tumis bumbu sampai harum, lalu masukkan daun jeruk, daun salam dan jahe, kemudian tumis sampai matang. Masukkan santan, gula, garam dan juga ayam suwir, lalu aduk sampai rata serta bumbunya meresap.
  2. Pastikan masak ayam dan bumbu tadi sampau dengan kuah santannya mengering. Koreksi rasa, jika sudah pas, angkat, lalu sisihkan pada wadah mangkok atau piring.
  3. Berikutnya, Anda bisa membuat kulit lumpia dengan cara mencampurkan seluruh bahan kulit seperti telur, tepung terigu dan garam. Aduk rata, lalu saring adonan.
  4. Panaskan teflon anti lengket, tuang adonan kulit menggunakan sendok sayur, masak menggunakan api sedang cenderung kecil, lakukan sampai adonan habis.
  5. Selanjutnya, ambil selembar kulit, isi dengan bahan-bahan, lipat membentuk amplop, lalu gulung perlahan.
  6. Setelah itu, celupkan sosis solo yang sudah digulung tadi ke dalam putih telur, kemudian goreng hingga warnanya kuning keemasan.
  7. Angkat dan tiriskan sosis solo dan hidangkan selagi hangat.

Nah, itulah cara membuat sosis solo lezat di rumah. Selamat mencoba, ya!

Terkait

Terkini