Rabu, 21 Oktober 2020

Terasa Juicy, Tips Bikin Steak Rumahan Jadi Mewah ala Restoran

Ingin tahu caranya bikin sajian steak mewah ala restoran?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi steak. (Pexels/Snapwire)
Ilustrasi steak. (Pexels/Snapwire)

Guideku.com - Penggemar steak daging sapi tentu memiliki preferensi masing-masing tentang tingkat kematangan daging. Sebagian orang menyukai yang dagingnya masih agak juicy seperti steak mewah di restoran.

Tentu saja streak yang empuk dan juicy bisa kamu bikin sendiri rumah. Namun, ada beberapa tips yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk membuat sajian steak daging sapi.

Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum memasak steak? Berikut tips memasak steak mewah ala restoran di rumah, dirangkum dari laman Asia One.

Pilih daging bagian ini untuk dijadikan steak

Bagian daging yang dipilih untuk dimasak menjadi steak tentu saja memiliki pengaruh besar. Sebelum dimasak, pastikan untuk menghilangkan bagian otot yang keras.

Ilustrasi steak. (Pixabay/@Shutterburn)
Ilustrasi steak. (Pixabay/@Shutterburn)

Beberapa bagian yang biasanya nikmat jika diolah menjadi steak ialah fillet, sirloin, iga (ribs), serta T Bone.

Pilih peralatan yang tepat

Sebaiknya pilih wajan atau teflon berbahan dasar tebal yang akan bisa mempertahankan suhu panas stabil untuk memasak steak. Wajan harus cukup besar agar saat memanggang steak, daging bisa matang sempurna sesuai dengan selera yang diinginkan.

Jangan salah pilih bumbu

Beberapa orang lebih menyukai sajian steak dengan bumbu sederhana seperti garam dan merica supaya rasa asli pada daging tetap terasa.

Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)
Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)

Cara lain untuk meningkatkan cita rasa steak adalah merendam daging atau marinasi pada bumbu agar teksturnya lebih empuk dan juicy.

Kamu bisa merendamnya dengan mustard, bumbu teriyaki dan masih banyak lagi lainnya sebelum dipanggang. Bisa juga menambahkan beberapa siung bawang putih, atau rempah seperti rosemary dan thyme saat steak dimasak

Gunakan minyak yang benar

Beberapa jenis minyak yang sangat baik untuk membuat steak ialah minyak sayur, kanola, dan juga sunflower oil. Minyak ini paling cocok digunakan untuk memasak steak karena saat digunakan tidak akan mengubah rasa dari daging Anda.

Jika suka dengan cita rasa gurih yang khas, kalian bisa tambahkan sedikit mentega ke dalam wajan saat warna steak mulai sedikit gosong.

Terkait

Terkini