Senin, 21 Juni 2021

Biar Bebas dari Jamur, Yuk Tengok Tips Mencuci Botol Minuman Berikut Ini

Nggak cuma pakai sabun cuci piring, ternyata ada trik khusus agar kondisi botol minuman bersih tanpa jamur.

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi botol minuman. (Pixabay/Evita_Ochel)
Ilustrasi botol minuman. (Pixabay/Evita_Ochel)

Guideku.com - Lebih higienis dan hemat, botol minuman menjadi salah satu kebutuhan pribadi yang kini tak boleh Anda sepelekan begitu saja. Selain lebih ramah lingkungan, botol minuman menjadi alternatif praktis serta higienis untuk kalian yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah. 

Tak melulu berwarna polos, kini desain dan bentuk dari botol minuman yang dijual di pasaran kian beragam. 

Tapi tentu saja, Anda pasti berharap botol minuman yang kalian bawa terhindar dari bakteri serta kuman bukan? Usahakan untuk tidak asal mencuci botol minuman, karena bisa jadi hal ini justru membuat wadah milik Anda jadi sarang lumut serta jamur.

Melansir laman Yukepo.com--Jaringan Suara.com, Selasa (29/9/2020), ternyata ada cara mencuci botol minuman yang baik dan benar, serta tentunya mudah dilakukan.

Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)
Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)

Pertama-tama, kalian harus menyiapkan baking soda, air panas dan juga sikat sedotan. Terlebih dahulu, kalian harus bisa memisahkan tutup, karet dan juga sedotan di dalam botol minuman.

Setelah itu, buatlah larutan dengan cara mencampurkan 4 sendok makan baking soda yang ditambahkan seliter air hangat.

Air hangat saja sudah cukup, kalian tak perlu merendamnya dalam air mendidih ya! Ketika larutan sudah siap, kalian sudah bisa langsung menuangkannya ke dalam botol.

Beberapa perlengkapan botol minuman seperti tutup, sedotan bisa kalian rendam dalam wadah berbeda. Diamkan selama satu malam. Esok harinya, ganti air dalam botol dengan larutan baru, setelah itu sikat kemudian bilas sampai bersih. Setelah dicuci, keringkan dengan menggunakan lap bersih.

Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)
Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)

Usahakan untuk tidak memasang pelengkap sebelum seluruh bagian botol minuman kering, karena hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur baru.

Cara mencuci botol minuman ini juga bisa kalian terapkan untuk membersihkan sedotan logam kalian lho. Caranya hampir sama, kalian hanya perlu menyiapkan sikat sedotan, sabun cuci piring, baking soda dan juga air panas.

Awalnya sikat sedotan dengan menggunakan sabun cuci piring. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, gunakan baking soda. Sesudah itu, bilas dengan air panas kemudian diamkan sampai kering.

Nah, itu dia tadi cara mencuci botol minuman yang baik dan benar, agar peralatan makan atau minum pribadi Anda tak ditumbuhi jamur atau lumut. Selamat mencoba ya!

Terkait

Terkini