Rabu, 25 November 2020

Resep Yakitori, Sate Ayam Khas Jepang yang Rasanya Bikin Dimabuk Kepayang

Sate ayam khas Jepang, apa bedanya dengan yang ada di Indonesia ya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi yakitori, sate ayam khas Jepang. (YouTube/Indoculinaire Hunter)
Ilustrasi yakitori, sate ayam khas Jepang. (YouTube/Indoculinaire Hunter)

Guideku.com - Sate ayam, menjadi salah satu kuliner Nusantara yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Eits, tapi jangan salah guys. Ternyata, negara Jepang cuma punya sajian sate ayam nikmat bernama yakitori. 

Bedanya, yakitori ini terbuat daging paha atas ayam sebagai bahan baku utama. Kemudian tentu saja, bumbu dari yakitori ini pastinya lebih gurih dengan tambahan daun bawang di setiap tusuknya, 

Tak lupa agar semakin nikmat, yakitori diberi daun bawang. Praktis dan nikmat, sebenarnya resep yakitori ala Jepang ini dapat kalian buat sendiri di rumah.

Nah, berikut Suara.com rangkum resep yakitori ala Jepang dari laman Cookpad, Rabu (30/9/2020) yang dapat kalian coba di rumah.

Bahan-bahan:

Bumbu:

Ilustrasi sate. (Pixabay/@nadiguund)
Ilustrasi sate. (Pixabay/@nadiguund)

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, buat campuran bumbu marinasi seperti bawang putih, saus tiram, kecap, lada, gula dan juga air matang. Setelah itu, potong dadu daging paha atas ayam.
  2. Berikutnya, masukkan potongan ayam ke dalam bumbu marinasi yang sudah disiapkan. Kemudian letakkan ayam dalam kulkas, dan diamkan selama 15 menit.
  3. Agar bumbu lebih meresap nikmat, sangat disarankan ayam dimarinasi selama semalaman di dalam kulkas sebelum dimasak.
  4. Sambil menunggu ayam dimarinasi, kalian bisa memotong daun bawang atau jika ingin isinya lebih beragam dapat ditambah paprika.
  5. Setelah itu, kalian bisa membuat satenya dengan cara menusuknya bergantian dengan daun bawang atau paprika. Lakukan sampai daging dan bahan pendukung habis.
  6. Panaskan panggangan, atau teflon. Agar tidak terlalu lengket, oleskan dengan minyak zaitun sedikit saja.
  7. Bakar yakitori dengan api kecil, agar daging ayam tidak gosong. Tunggu sampai ayam matang sempurna dan warnanya kecokelatan. Sesekali, balik dan olesi yakitori dengan bumbu marinasi sampai matang.
  8. Pindahkan yakitori dari teflon ke piring saji, lalu hidangkan selagi hangat.

Itu dia tadi resep yakitori ala Jepang yang bisa kalian coba di rumah. Selamat mencoba ya!

Terkait

Terkini