Rabu, 28 Oktober 2020

Anti Gagal, Begini Tips Membuat Bumbu Ayam Ungkep Agar Mudah Meresap

Dijamin nikmat, yuk coba tips membuat bumbu ayam ungkep berikut ini.

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi ayam yang sudah diungkep. (Unsplash/Neonbrand)
Ilustrasi ayam yang sudah diungkep. (Unsplash/Neonbrand)

Guideku.com - Bumbu ayam ungkep menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengolah sajian lezat. Ayam yang sudah dibaluri dengan bumbu ungkep, tentu cita rasanya lebih nikmat dan tampilannya menggugah selera.

Jika diolah dengan cara yang tepat, bumbu ayam ungkep nikmatnya dapat meresap hingga ke bagian tulang-tulangnya. Wah, membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya?

Tidak sedikit bahkan yang mengatakan bahwa bumbu ayam ungkep terkadang kurang meresap sempurna. Ternyata ada beberapa tips mudah membuat bumbu ayam ungkep lho.

Untuk selengkapnya, yuk tengok tips mudah membuat bumbu ayam ungkep yang telah kami rangkum dari laman Yukepo.com--Jaringan Suara.com, Selasa (6/10/2020) berikut ini.

Anti Gagal, Begini Tips Membuat Bumbu Ayam Ungkep Agar Mudah Meresap - 1

Mungkin karena terburu-buru, kamu mengungkep ayam dengan bumbu yang kurang halus. Jika bumbunya masih kasar, bumbu akan lebih sulit masuk ke daging ayam. Hasilnya, daging ayam pun tak akan gurih sempurna.

Ilustrasi kompor (Pixabay/olafBroeker)
Ilustrasi kompor (Pixabay/olafBroeker)

Teknik ini adalah cara memasak dengan api yang kecil. Jika kamu mengungkep ayam dengan api yang besar, ayam akan lebih cepat gosong pada bagian luarnya namun bagian dalamnya kurang matang.

Mengungkep ayam dengan api kecil memang membutuhkan waktu lebih lama untuk membuat ayam matang, namun bumbu akan meresap sempurna ketika matang nanti.

Ilustrasi air mendidih.[Pixabay]
Ilustrasi air mendidih.[Pixabay]

Air yang terlalu banyak membuat bumbu menjadi lebih hambar. Sebaiknya gunakan air secukupnya saja, hanya sampai ayam tenggelam. Kamu tidak perlu menggunakan air satu panci penuh. Selain bumbu jadi terasa hambar, ayam juga akan mengeluarkan air dan minyak saat direbus. Jadi, pakai air secukupnya saja, ya.

Ilustrasi Panci (Pixabay/Foto-Rabe)
Ilustrasi Panci (Pixabay/Foto-Rabe)

Menutup panci akan membuat uap air yang hilang saat dimasak kembali lagi ke dalam panci. Dengan demikian, bumbu tidak akan hilang bersama udara. Selain itu, menutup panci juga akan membuat daging lebih cepat empuk karena suhu di dalam panci stabil dan lebih cepat panas.

Ilustrasi daging ayam. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi daging ayam. (Sumber: Shutterstock)

Ayam yang masih utuh tanpa dipotong-potong lebih dulu membuat bumbu lebih sulit masuk ke suluruh bagian ayam, terutama bagian dalam. Saat ayam dipotong kecil-kecil, bumbu akan lebih mudah meresap, bahkan hingga ke tulang-tulangnya.

Nah, itu dia tadi tips membuat bumbu ayam ungkep yang bisa kalian coba di rumah. Semoga berhasil ya!

Terkait

Terkini