Rabu, 28 Oktober 2020

Nggak Pakai Lama, Simak Tips Praktis Cairkan Daging Beku Berikut Ini

Untuk kamu yang hobi kelupaan cairin daging beku, yuk simak tips di bawah ini!

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)
Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)

Guideku.com - Daging termasuk bahan makanan yang baik untuk tubuh lantaran mengandung sumber protein hewani. Tentu saja, sejumlah orang menyimpan daging beku di kulkas agar punya cukup stok untuk memenuhi asupan protein harian.

Daging biasanya diletakkan di freezer agar lebih awet. Sayangnya saat ingin memasak, mencairkan daging yang sudah beku sering kali membutuhkan waktu cukup lama. Bahkan jika hanya didiamkan di suhu ruang, waktu yang dibutuhkan pasti lebih dari setengah jam.

Cara umum yang dilakukan untuk mencairkan daging sebelum dimasak adalah memindahkan daging dari freezer ke chiller. Sayangnya, meski paling mudah dan aman, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika kamu lupa memindahkan daging ke chiller sebelum dimasak, jangan khawatir! Suara.com telah merangkum  cara efektif mencairkan daging beku dari berbagai sumber. Kamu bisa melakukan salah satu cara berikut:

Daging (Shutterstock)
Daging (Shutterstock)

1. Cairkan dengan air dingin

Caranya mudah. Masukkan daging ke plastik yang bisa ditutup rapat, kemudian rendam plastik yang telah ditutup ke air dingin.

Setiap 30 menit sekali, ganti air dengan yang baru agar air tetap dingin. Lakukan hingga daging mencair.
Khusus cara ini, daging harus segera dimasak setelah esnya mencair, ya.

2. Cairkan dengan microwave

Meski beresiko menyebabkan daging matang sebagian atau membuatnya jadi lebih keras, kamu bisa mencoba cara ini. Letakkan daging di wadah, masukkan ke dalam microwave dan tekan tombol defrost.

Kamu bisa cek setiap satu menit atau lebih dengan cara menekan pause. Sentuh dagingnya. Apabila terasa hangat, diamkan dulu sebentar, kemudian lanjutkan proses pencairannya lagi. Tunggu hingga daging benar-benar tidak beku.

3. Cairkan dengan panci

Jika ingin memakai cara ini, pertama-tama kamu harus memotong permukaan daging agar rata. Kemudian, masukkan panci ke dalam plastik klip.

Siapkan 2 panci, balik salah satu pancinya. Letakkan daging di atas panci yang terbalik. Selanjutnya, tindih daging dengan satu panci lagi dan isi panci tersebut dengan air panas.

Proses ini hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Logam yang bersifat konduktif akan menyalurkan suhu ruang atau suhu panas dari panci di atasnya dengan cepat ke permukaan daging beku.

Bagaimana? Cara mana yang menurutmu paling aman, cepat dan efektif untuk mencairkan daging beku?

Terkait

Terkini