Rabu, 28 Oktober 2020

Simsalabim, Tanpa Api dan Listrik, Makanan ini Bisa Panas! Kok Bisa?

Kamu harus lihat makanan instan asal Singapura ini bisa panas meski hanya menggunakan air bersuhu ruang. Kok bisa ya?

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mi instan kemasan cup. (Unsplash/Sebastoan Huxley)
Ilustrasi mi instan kemasan cup. (Unsplash/Sebastoan Huxley)

Guideku.com - Pecinta makanan instan wajib merapat! Di Singapura ada makanan instan yang bisa panas dengan sendirinya. Makanan ini hanya menggunakan hotpack yang dituang air. Kemudian, secara ajaib makananmu akan panas.

Umumnya, kita membutuhkan kompor atau air panas agar makanan instan kita bisa disantap hangat. Namun, berbeda dengan makanan instan asal Singapura berikut ini. Aneh bin ajaib, makanan instan ini bisa menghasilkan panas dengan sendirinya.

Akun jejaring sosial TikTok @ilmumakanan menunjukan pengalamannya saat menyantap Haidilao Instant Self Heating Hotpot. Makanan instan asal Singapura ini tak perlu menggunakan listrik atau api untuk tetap panas. Wih, ajaib banget ya?

Pada kemasan makanan instantersebut sudah disediakan sayuran dan juga daging, lho. Tak hanya bahan utama makanan saja, terdapat hotpack yang berperan untuk memanaskan makanan tersebut.

Hotpack makanan instan ala Singapura (TikTok @ilmumakanan)
Hotpack makanan instan ala Singapura (TikTok @ilmumakanan)

Produk makanan instan ini juga dilengkapi dengan wadah tambahan. Nantinya, konsumen dapat dengan mudah menyantap hidangan dari wadah tambahan ini. 

Cara memasak makanan instan ini cukup mudah kok. Pertama-taman, letakkan hotpack di kemasan, kemudian tuang 250 ml air bersuhu ruang.

Setelah itu, letakkan wadah tempat makanan di atas hotpack tersebut. Tuang semua bahan makanan di wadah, kemudian tutup. Dalam 15 menit, makanan siap disantap dalam kondisi panas.

Hal serupa pun pernah dicoba oleh YouTuber kuliner JWestBros beberapa waktu yang lalu.

Pada video berdurasi 10 menit 30 detik, mereka mencoba pengalaman makan nasi rendang instan panas meski hanya menggunakan air biasa.

Pada kemasan rendang instan itu, terdapat pula hotpack sebagai alat pemanas yang akan dituang air nantinya.

Berbeda dengan  sebelumnya, makanan yang dinikmati JWestBros dibuat di Malaysia. Kabarnya, teknik memasak ini sama seperti para astronot menyantap makanan di luar angkasa.

Meski hanya dengan air bersuhu ruang, bagaimana makanan tersebut bisa panas dengan sendirinya?

Pemilik akun TikTok @ilmumakanan menyebutkan, hal ini terjadi karena hotpack pada makanan tersebut mengandung kalsium oksida atau kapur tohor.

Saat kalsium oksida dituang air bersuhu ruang, zat ini akan menyerap air dan akan bereaksi secara eksotermik.

Eksotermik, adalah suatu proses atau reaksi yang melepaskan energi panas atau energi cahaya, energi listrik, atau bisa juga energi suara. Dalam hal ini energi yang dilepaskan adalah energi panas.

Perlu diingat, hotpack yang disediakan tadi hanya dapat digunakan sekali saja ya. Tanpa harus pakai listrik dan kompor, makanan ini cocok untuk kalian yang hobi mendaki gunung. Bagaimana travelers, kalian tertarik untuk mencoba makanan instan ini?

Terkait

Terkini