Rabu, 28 Oktober 2020

Intip Keseruan Sunnya Dahye Cicipi Makanan ala Korea Utara

Seperti apa ya rasanya makanan Korea Utara? Sunny Dahye bersama temannya Kang Nara menunjukan sajian makanan Korea Utara

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Sunny Dahye menikmati Makanan Korea Utara (YouTube SunnydahyeIn)
Sunny Dahye menikmati Makanan Korea Utara (YouTube SunnydahyeIn)

Guideku.com - YouTuber Sunny Dahye, membagikan pengalamannya saat mencoba masakan asli Korea Utara pada Selasa (8/10/2020).

Masakan ini dimasak oleh Kang Nara,  seorang warga Korea Utara asli yang merupakan teman Sunny. Kang Nara pindah ke Korea Selatan secara diam-diam pada tahun 2015 lalu.

Nara adalah seorang YouTuber yang sering membahas segala hal tentang Korea Utara. Pengalaman seru ini dibagikan Sunny melalui kanal YouTube SunnydahyeIn miliknya. 

Dalam video ini, Sunny menyicipi 4 hidangan khas Korea Utara. Di antaranya ada Injo Gogi Bap, Injo Gogi Banchan, Dudubap, dan Kkanari Yangnyeom.

Sunny Dahye menikmati Makanan Korea Utara (YouTube SunnydahyeIn)
Sunny Dahye menikmati Makanan Korea Utara (YouTube SunnydahyeIn)

 

Sajian tersebut terbuat dari kedelai kecuali Kkanari Yangnyeom yang terbuat dari belut pasir.

Injo Gogi adalah daging buatan. Makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang dilumatkan dengan kembang tahu. Untuk bahan ini, Nara tidak dapat menemukannya di Korea Selatan. Gadis Korea Utara ini memesan Injo Gogi dari China yang diimpor langsung dari kampung halamannya.

Sedangkan Kkanari Yangnyeom adalah olahan belut pasir yang dibumbui dengan bubuk cabai, cabai cheongyang, bawang putih dan bawang bombay.

Sajian pertama yang diicip Sunny adalah Injo Gogibap. Injo Gogibap ini disantap dengan Kkanari Yangnyeom di atasnya. Cita rasa Kkanari yangnyeom pedas dan memiliki kombinasi unik. Sunny merasa orang Indonesia akan menyukai sajian ini.

Selanjutnya Sunny mencoba Injo Gogi Banchan. Banchan memiliki arti hidangan pelengkap. Rasa Injo Gogi banchan mirip dengan Kkanari Yangnyeom karena bumbu yang digunakan hampir mirip.

Terakhir, Sunny mencicipi Dudubap. Dudubap juga disantap dengan menambahkan Kkanari di atas nasinya.

Sunny Dahye menikmati Makanan Korea Utara (YouTube SunnydahyeIn)
Sunny Dahye menikmati Makanan Korea Utara (YouTube SunnydahyeIn)

 

Dudubap memiliki bentuk yang hampir mirip dengan makanan Korea Selatan, yakni Yubuchobap. Yubuchobab memakai tahu yang tipis dan bumbu kering di atas atau dicampur dengan nasinya.

Sedangkan Dudubap memakai tahu biasa kemudian dibelah pada bagian tengah dan diisi dengan nasi serta saus pedas.

Saat mencicipi makanan tersebut, Sunny tak henti-hentinya mengatakan jika makanan tersebut sangat enak. Ia bahkan memohon pada Nara untuk bisa membawa pulang makanan yang ia santap.

Di Korea Utara, satu buah Dudubap dibanderol dengan harga 500 won atau sekitar Rp 6 ribu. Sedangkan untuk Injo Gogibap harganya 300 won atau sekitar Rp 3.800. Wah, harganya cukup terjangkau ya.

Dudubap lebih mahal karena harus digoreng, Selain itu jika isian nasinya lebih banyak harganya akan semakin mahal. Hal ini lantaran harga nasi yang cukup mahal di Korea Utara.

Dari keempat sajian tersebut, Dudubap menjadi favorit untuk Nara karena makanan tersebut digoreng.

Terkait

Terkini