Rabu, 28 Oktober 2020

Bukan Cuma Kopi, Ternyata Teh Bisa Dibuat dengan Teknik Cold Brew

Teknik cold brew bisa digunakan untuk membuat teh, seperti apa hasil rasanya ya?

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi teh (Pixabay/6342722)
Ilustrasi teh (Pixabay/6342722)

Guideku.com - Teh menjadi salah satu minuman yang cukup sering dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Tak melulu kopi, teh ini juga punya cita rasa dedaunan yang begitu khas. 

Ketika menyeduh teh, umumnya orang-orang akan menggunakan sedikit air panas. Sebelum ditambahkan dengan es, tentu saja teh pasti dituang air panas terlebih dahulu. 

Tak seperti biasanya, kini ada teknik lain dalam penyeduhan teh. Teknik ini disebut dengan cold brew!

Pada teknik ini, kamu bisa menyeduh teh dengan dalam kondisi dingin. Bagi pecinta kopi, teknik cold brew ini mungkin sudah tak asing. Apalagi, belakangan kopi yang diseduh dengan teknik cold brew sedang naik daun.

Tentunya, cara penyeduhan dengan teknik ini akan menghadirkan rasa yang berbeda. Menurut akun jejaring sosial TikTok @ilmumakanan, teknik cold brew bisa mengurangi kadar tanin pada teh.

Sebagai infomasi, tanin adalah senyawa polifenol dari tumbuhan. Senyawa inilah yang berperan memberikan rasa pahit pada teh.

Cold brew tea (TikTok @ilmumakanan)
Cold brew tea (TikTok @ilmumakanan)

Daya larut tanin di air dingin akan lebih sedikit dibandingkan saat diseduh dengan air panas. Saat kadar tanin lebih sedikit, rasa teh bisa lebih manis dan aromanya pun jadi lebih ringan.

Akun TikTok @ilmumakanan pun menunjukkan bagaimana proses penyeduhan teh dengan teknik cold brew. Caranya cukup mudah. Yuk, kita simak!

Pertama, siapkan teh yang ingin kamu nikmati. Pada video singkat tersebut, teh yang akan diseduh adalah teh hitam, cranberry dan blueberry kering serta kelopak bunga forget me not.

Kemudian tuang air secukupnya, kamu bisa menggunakan air bersuhu ruang untuk proses awal ini.

Setelah itu letakkan di kulkas. Untuk teh hitam, simpan di kulkas selama 8 jam. Sementara untuk teh hijau, simpanlah di kulkas selama 6 jam. Pada proses ini, atur waktu dengan baik ya, jangan sampai bangun di tengah malam hanya untuk mengambil cold brew ini.

Saat teh cold brew-mu sudah siap, jangan lupa disaring dulu ya. Setelah disaring, teh cold brew menyegarkan dan ringan ini siap untuk diminum. 

Terkait

Terkini