Sabtu, 31 Juli 2021

Rebus Mi Instan dengan Air Gambut Kecoklatan, Warganet Khawatirkan Ginjal

Wanita ini memasak mi instan dengan air gambut. Warna air yang coklat membuat warganet mengkhawatirkan kesehatan wanita tersebut.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mi instan rebus. (Unsplash/Ke Vin)
Ilustrasi mi instan rebus. (Unsplash/Ke Vin)

Guideku.com - Mi instan menjadi makanan yang cukup praktis untuk diolah. Makanan yang tinggal direbus ini pun menjadi favorit banyak orang. Seorang warganet membagikan cara yang tak biasa saat merebus mi instan. Ia menggunakan air gambut untuk merebus mi tersebut.

Momen masak mi instan pakai air gambut dibagikan melalui akun TikTok @permatasari77. Dalam video tersebut ia menyebut air yang digunakan adalah air sultan.

Tampak saat itu, ia mengambil air yang warnanya kecokelatan. Kemudian air tersebut direbus hingga mendidih dan wanita ini pun memasukkan mi instan.

Wanita tersebut juga memasukkan bumbu ke dalam air rebusan mi. Setelah itu ia menyajikan mi tersebut lengkap dengan kuah air gambut di mangkuk.

Masak mi instan dengan air gambut (TikTok @permatasari77)
Masak mi instan dengan air gambut (TikTok @permatasari77)

Video ini lantas menarik perhatian warganet. Banyak yang tak habis pikir kenapa wanita tersebut memasak dengan air gambut.

Air gambut merupakan air permukaan hasil akumulasi sisa material tumbuhan. Biasanya air gambut ditemukan pada daerah berawa atau dataran rendah dan sering dijumpai di Sumatera dan Kalimantan.

Pada kolom komentar, warganet banyak yang menyebutkan tentang indikator air bersih yang layak untuk konsumsi. Indikator tersebut diantaranya air tidak berbau, tidak keruh, tidak memiliki rasa dan tidak berwarna.

Air gambut juga perlu melalui proses pengolahan khusus terlebih dahulu agar dapat layak dikonsumsi. Selain itu warganet juga memberikan respon yang beragam. Hal ini nampak dari komentar yang membanjiri video tersebut.

Masak mi instan dengan air gambut (TikTok @permatasari77)
Masak mi instan dengan air gambut (TikTok @permatasari77)

"belum pernah pada tinggal di Kalimantan si. Lu kalo tinggal di sana kaget dah sungai kebanyakan airnya kayak gitu semua. Eitss tapi itu bukan air kotor ye," komentar warganet ini.

Warganet lainnya turut memberi komentar pada video tersebut. "Fyi gaes. Nggak semua tempat di Kalimantan airnya kayak gitu. Mungkin ada di beberapa daerah, tapi daerah lainnya bersih kok," tulis warganet tersebut.

"Plis bilang ini cuma konten dan lu nggak makan mi itu beneran. Ginjal lu cuy," ucap seorang warganet ini.

Terkait

Terkini