Minggu, 24 Januari 2021

Menepis Rumor, Sipir Ini Ungkap Makanan Para Tahanan di Penjara

Seorang sipir mengungkapkan makanan yang dikonsumsi para tahanan selama mendekam di penjara. Rupanya begini penampilan makanannya.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi penjara. (Unsplash/Ye Jinghan)
Ilustrasi penjara. (Unsplash/Ye Jinghan)

Guideku.com - Apakah kamu pernah mendengar rumor tentang makanan di penjara? Seorang sipir menepis rumor yang beredar soal makanan di penjara. Ia mengungkapkan makanan yang diberikan kepada para tahanan di penjara.

Hal ini bermula dari warganet yang mengungkapkan pernah mendengar cerita soal makanan di penjara. Orangtua salah seorang warganet, bercerita para tahanan diberi makan nasi basi yang dikeringkan dan dimasak kembali.

Melihat hal ini sipir tersebut memberi klarifikasi melalui akun TikTok @moodswing12. Ia segera menepis rumor yang diceritakan oleh orang tua warganet itu.

Lelaki ini menunjukkan loker berisi makanan. Tertulis pagi, siang, sore di masing-masing loker. Ia kemudian membuka salah satu loker tersebut dan mengambil makanannya.

Makanan tersebut disimpan dengan kotak plastik berwarna biru. Saat dibuka tampak nasi putih, sayur, dan juga lauk. Ia kemudian memakan nasi, sayur dan lauk yang ada di wadah tersebut.

Makanan di penjara (TikTok @moodswing12)
Makanan di penjara (TikTok @moodswing12)

Hal ini ia lakukan untuk menunjukkan bahwa makanan yang ada di penjara tidak basi dan layak makan. "Enak, nggak ada basi-basinya," ujar lelaki tersebut setelah mengunyah makanan.

Ia bercerita menu makanan di penjara itu enak dan menunya selalu berganti-ganti setiap satu seminggu sekali. Mulai dari ayam, telur, ikan, sampai daging bisa jadi menu makanan di penjara. Keluarga tahanan pun diperbolehkan mengantar makanan.

Lelaki ini menegaskan bahwa makanan yang  ia tunjukkan bukanlah untuk pegawai. Hal ini karena pegawai justru tak mendapatkan makanan.

Makanan yang ia ambil adalah sampel makanan dan isinya sama persis seperti yang dimakan oleh tahanan. Sampel tersebut akan ditunjukkan ke pimpinan dan pejabat sebagai bukti bahwa makanan sudah disiapkan.

Makanan di penjara (TikTok @moodswing12)
Makanan di penjara (TikTok @moodswing12)

Video pembuktian rumor nasi basi jadi makanan tahanan yang ternyata salah besar ini, lantas mendapat banyak respon dari warganet. Ribuan komentar memenuhi video itu.

"Jangan dikasih tahu bang. Nanti banyak yang cita-cita masuk penjara lagi," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya mengungkapkan saat bekerja di katering untuk penjara. "Dulu pernah handle katering. Itu penjara pakai jasa buat setahun dan tiap pagi siang malem makanannya beda dan enak-enak wkwk," cerita warganet ini.

"Kayaknya lebih bergizi makanan penjara daripada makanan anak kosan," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Rabu (13/1/2021) video tentang makanan di penjara ini telah viral dan sudah ditonton sebanyak nyaris 3 juta kali di TikTok.

Terkait

Terkini