Jum'at, 14 Mei 2021

Tetap Renyah, Simak Cara Goreng Kerupuk Tanpa Minyak Dalam Waktu Singkat

Yuk kita goreng kerupuk dengan cara lebih sehat tanpa minyak.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kerupuk. (Pixabay/Cegoh)
Ilustrasi kerupuk. (Pixabay/Cegoh)

Guideku.com - Kerupuk merupakan pelengkap makanan yang cukup popukler di Indonesia. Camilan khas Indonesia satu ini biasanya digoreng dengan minyak panas yang cukup banyak.

Kerupuk juga menyerap banyak minyak saat digoreng. Minyak yang benyak terserap di kerupuk ini tidak baik untuk tubuh.

Akun TikTok @ilhambachtiarr membagikan cara praktis untuk menggoreng kerupuk. Uniknya, ia tak menggunakan minyak untuk menggoreng kerupuk.

Ilham sebelumnya pernah melihat video menggoreng kerupuk tanpa minyak. Karena penasaran, ia pun mencoba melakukan hal serupa untuk melihat hasilnya.

Ia mengambil beberapa keping kerupuk dan juga 1 keping kerupuk udang. Kerupuk-kerupuk itu lantas ia masukkan ke dalam microwave.

Kerupuk tanpa minyak (TikTok @ ilhambachtiarr)
Kerupuk tanpa minyak (TikTok @ ilhambachtiarr)

Ilham menghidupkan microwave dan mengatur waktu selama 1 menit. Setelah satu menit, ia membuka microwave dan melihat kerupuk di dalamnya sudah mengembang.

Selanjutnya, kerupuk ini ia ambil dan diletakkan ke piring. ilham kemudian mencoba untuk mematahkan kerupuk untuk mengetahui kerenyahannya.

Rupanya kerupuk yang digoreng tan[pa minyak ini hasilnya pun tetap renyah. Hasil akhir kerupuk tanpa minyak ini terlihat persis seperti kerupuk yang digoreng dengan minyak panas.

Menurut Ilham, kerupuk tanpa minyak ini lebih sehat dibandingkan kerupuk yang digoreng seperti biasanya. Menggoreng kerupuk dengan microwave ini juga bisa membuat lebih hemat minyak.

Video menggoreng kerupuk tanpa minyak ini pun banyak menarik perhatian warganet. Hingga Jumat (29/1/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali.

Warganet memberikan respon atas video ini. Ribuan komentar memenuhi unggahan Ilham.

"Ingin coba tapi sadar nggak punya microwave," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya juga turut memberikan komentar. "Oke sangat berguna. Aku simpen nanti pas udah beli microwave ya," ujar warganet ini.

"Gue udah pernah coba pakai microwave terus airfriyer. Emang sih sehat, tapi lebih gurih pakai minya," tulis warganet lainnya memberikan testimoni.

Terkait

Terkini