Minggu, 28 Februari 2021

Unik, Sambal Pecel Lele di Lampung Selalu Tambahkan Ini Agar Semakin Nikmat

Sambal pecel lele di Lampung terbilang unik karena menggunakan komposisi yang berbeda dari biasanya.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sambal. (Pexels/Ponyo Sakana)
Ilustrasi sambal. (Pexels/Ponyo Sakana)

Guideku.com - Kuliner nusantara memang sangat beragam. Setiap daerah memiliki ciri khas kulinernya masing-masing yang cukup unik.

Salah satu daerah yang memiliki ciri khas pada makanannya adalah Lampung. Akun TikTok @alejenes membagikan video tentang keunikan sambal pecel lele di Lampung.

Pria ini bercerita bahwa hampir semua warung pecel lele di Lampung menggunakan sambal mentah. Di Lampung, sambal mentah untuk pelengkap pecel lele maupun ayam akan menggunakan rampai.

Inilah yang menjadi ciri khas dari sambal mentah pecel lele di Lampung. Rampai merupakan tomat berukuran kecil. Pedagang akan menambahkan beberapa buah pada sambal buatannya.

Rampai akan memberikan rasa nikmat dan berbeda pada sambal mentahnya.

Sambal mentah Lampung menggunakan rampai (TikTok @alejenes)
Sambal mentah Lampung menggunakan rampai (TikTok @alejenes)

Sambal mentah tersebut terbuat dari cabai, tomat, terasi, dan perasan jeruk nipis. Sambal ini baru akan dibuat saat ada pesanan. Pembeli pun dapat meminta tingkat kepedasan sambal pada pedagang.

Tentu saja sambal ini akan jadi semakin nikmat saat dipadukan dengan ayam atau lele goreng dan nasi hangat.

Rupanya video tentang sambal mentah di Lampung yang menggunakan rampai ini menarik perhatian banyak warganet. Ribuan komentar pun memenuhi unggahan ini.

"Makanya kalo makan di luar Lampung bener-bener nggak seenek di sana. Sambelnya pakai tomat semua rata-rata di Pulau Jawa," komentar seorang warganet

Warganet lainnya ikut berkomentar pada video ini. "Nggak bohong memang enak banget. Dulu pernah liburan ke Lampung terus makan pecel lelenya. Wah mantap, sampai sekarang pengen lagi," cerita warganet ini memberi testimoni.

Sambal mentah Lampung menggunakan rampai (TikTok @alejenes)
Sambal mentah Lampung menggunakan rampai (TikTok @alejenes)

"Kalo pulang ke Lampung, mamak selalu borong rampai buat stok di Bekasi. Karena emang beda sama tomat biasa. Rasanya lebih nikmat bruh," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali di TikTok.

Terkait

Terkini