Selasa, 22 Juni 2021

Tak Hanya untuk Nasi Goreng atau Kerupuk, Nasi Sisa Bisa Dijadikan Donat!

Siapa sangka nasi sisa bisa dimanfaatkan untuk membuat donat super lembut.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Donat. (Pixabay/Free-Photos)
Donat. (Pixabay/Free-Photos)

Guideku.com - Nasi sisa yang ada di rumah sebaiknya jangan dibuang. Selain menghindari mubadzir, rupanya nasi sisa bisa diolah menjadi makanan lain.

Selain nasi goreng dan kerupuk, rupanya nasi sisa bisa diolah kembali jadi donat yang super lembut. Seorang pria membagikan cara membuat donat dari nasi sisa melalui akun TikTok @fajarlele.

Pada video tersebut Fajar meminta warganet untuk berhenti membuang nasi sisa. Pertama, blender 200 gram nasi, 200 ml fresh milk, 1 butir telur ayam, dan 2 sendok makan gula pasir hingga halus.

Selanjutnya, saring adonan agar tak ada yang menggumpal. Kemudian tambahkan 250 gram tepung terigu protein tinggi uleni hingga setengah kalis.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan mixer agar lebih praktis saat menguleni. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan margarin, 1/4 sendok teh garam dan 1 1/2 sendok teh ragi instan.

Donat dari nasi sisa (TikTok @fajarlele)
Donat dari nasi sisa (TikTok @fajarlele)

Uleni adonan hingga benar-benar kalis. Setelah adonan kalis, taburi dengan sedikit tepung terigu agar tak lengket, kemudian tutup adonan dengan plastic wrap atau kain. Tunggu selama 20 menit hingga mengembang.

Bagi adonan dengan ukuran sesuai selera, kemudian bentuk adonan. Panaskan minyak dan goreng adonan dengan api kecil.

Tak perlu dibolak-balik terlalu sering, angkat donat saat sudah berwarna kuning keemasan. Tambahkan topping sesuai selera, bisa coklat, matcha, meisis, dan lainnya.

Donat yang dibuat dengan nasi sisa sudah siap dinikmati. Nasi akan membuat donat bertekstur sangat lembut. Jadi, donat yang dibuat akan terasa semakin nikmat.

Meski unik dan tak biasa, donat yang dibuat dari nasi sisa ini layak untuk dicoba. Tak heran jika resep ini cukup viral di TikTok. Hingga Minggu (14/2/2021), videonya sudah ditonton sebanyak lebih dari 7 juta kali.

Terkait

Terkini