Minggu, 28 Februari 2021

Anti Alot dan Dijamin Berhasil, Simak 4 Cara Membuat Daging Empuk

Yuk kita simak 4 cara membuat daging empuk.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Daging (Pixabay/Waldrebell)
Ilustrasi Daging (Pixabay/Waldrebell)

Guideku.com - Membuat daging empuk merupakan salah satu tatangan tersendiri saat memasak. Mengolah daging dengan cara yang salah dapat berakibar membuat tekstur daging jadi alot.

Daging yang alot tentu saja bisa mempengaruhi cita rasa. Anda pasti tak ingin kecewa dengan kenikmatan daging yang rusak karena tekstur yang tidak empuk.

Tak perlu khawatir, ada banyak cara membuat daging empuk. Caranya mudah dan dijamin daging yang Anda masak empuk dan tidak alot.

Suara.com telah merangkum 4 cara membuat daging empuk dari berbagai sumber khusus untukmu. Tentunya cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Yuk kita simak.

Daging Sapi Kobe (Pixabay/cegoh)
Daging Sapi (Pixabay/cegoh)

 

1. Potong secara berlawanan dengan serat

Sebelum mengolah daging, Anda bisa memotongnya ke arah yang berlawanan dengan serat. Apabila seratnya mengarah ke kiri, maka potonglah daging ke arah kanan.

2. Rendam dengan air dan soda kue

Setelah daging dipotong, siapkan semangkuk air dan campurkan dengan 1 sendok soda kue. Aduk hingga rata kemudian rendam daging.

Durasi merendam daging tergantung dari ketebalannya. Untuk daging yang tipis, rendam daging selama 15 hingga 2 jam. Sedangkan untuk daging tebal, rendam selama 3 jam atau semalaman.

3. Gunakan daun pepaya

Ambil selembar daun pepaya kemudian bungkus daging minimal setengah jam. Semakin lama dibungkus, daging akan lebih empuk.

Enzim papain yang terkandung di dalam daun pepaya mampu memecah protein yang ada di dalam daging.

4. Pukul-pukul daging

Setelah daging dipotong, pukul-pukul daging agar teksturnya lebih empuk saat dimasak nantinya. Anda bisa memanfaatkan ulekan atau alat pemukul daging.

Pukul daging di kedua sisi secara perlahan afae serat tidak terlalu hancur. Jangan terlalu lama saat memukul daging ya. Hal itu dapat menyebabkan sari daging keluar terlalu banyak hingga membuat teksturnya cenderung kering.

Itulah 4 cara membuat daging empuk yang bisa Anda coba. Tentu cara itu cukup mudah dilakukan dan membuat masakan daging terasa lebih nikmat.

Terkait

Terkini