Selasa, 13 April 2021

Disulap Jadi Steak, Pria Ini Sukses Buat Tempe Jadi Makanan Elit

Pria ini mengubah tempe yang identik sebagai makanan murah menjadi steak mewah ala restoran bintang 5.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ilustrasi steak. (Pexels/Snapwire)
Ilustrasi steak. (Pexels/Snapwire)

Guideku.com - Tempe dikenal sebagai makanan dengan harga yang terjangkau. Namun, tentu saja tempe bisa disulap jadi lebih berkelas.

Seorang pria membuat tempe jadi steak dengan cara yang lebih elit. Proses masak tempe ini ia bagikan melalui akun TikTok @dimsthemeatguy.

Ia membuat video tersebut atas permintaan seorang warganet. Warganet tersebut menantang Dimas untuk membuat steak tanpa daging.

Ia pun membuat steak dari tempe. Pertama ia memotong dadu tempe kemudian dikukus. Sembari mengukus, ia pun membuat saus untuk steak.

Dimas memilih untuk membuat brown gravy sauce untuk steak tempenya itu. Ia menumis bawang bombai, kaldu sapi, saus tomat, kecap inggris. saus tiram dengan mentega.

Steak tempe (TikTok @dimsthemeatguy)
Steak tempe (TikTok @dimsthemeatguy)

Setelah tempe selesai dikukus, Dimas membumbuinya dengan garam dan lada. Setelah itu ia juga mencampurnya dengan tepung terigu dan tepung panir.

Ia menhancurkan tempe dan membentuknya menyerupai potongan steak daging. Ia membentuk adonan tempe tersebut menjadi seperti potongan sirloin.

Dimas kemudian menggoreng steak tempe itu dengan teflon anti lengket. Selama menggoreng, ia juga melakukan teknik basting dengan tambahan mentega, timi, dan irisan bawang putih.

Steak tempe buatan Dimas pun sudah jadi. Ia menghias steak itu dengan timi, taburan parsley serta menyiramnya dengan gravy brown sauce.

Hasilnya terlihat cantik dan menggoda mirip steak di restoran mahal. Tesktur luar terasa sangat renyah, namun bagian dalamnya empuk dan gurih.

Video ini pun banyak menarik perhatian warganet. Ribuan komentar memenuhi unggahan ini.

"Tempenya jadi makanan elit kalo ada duit mah," komentar seorang warganet.

Warganet lain juga turut berkomentar. "Ini kalo dijual di restoran harganya bisa jadi Rp200 ribu nih," ujar warganet ini.

Sementara itu, hingga Jumat (5/3/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 6,5 juta kali di TikTok.

Terkait

Terkini