Selasa, 15 Juni 2021

Meski Bukan Islam, Keluarga Tionghoa Ini Masak Banyak untuk Sambut Lebaran

Keluarga Tionghoa ini melakukan beragam tradisi untuk menyambut lebaran seperti memasak opor ayam dan ketupat sayur.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Ketupat sayur. (Shutterstock)
Ketupat sayur. (Shutterstock)

Guideku.com - Idulfitri merupakan hari raya umat Islam yang disambut meriah para pemeluknya. Pada momen Lebaran ini, orang biasanya akan memasak banyak makanan dan berkumpul bersama keluarga.

Rupanya, momen Lebaran ini tak hanya dilakukan oleh para pemeluk agama Islam. Pemilik akun TikTok @karenkurniawan_kk adalah seorang pemeluk agama Kristen yang juga mengikuti tradisi lebaran.

Gadis keturunan Tionghoa ini berbagi cerita tentang keluarganya saat lebaran. Pada hari spesial tersebut, sang ibu memasak banyak menu Lebaran.

Mulai dari ketupat sayur, opor ayam, sambal goreng, dan lainnya tersedia di meja makan. Sang ibu juga sudah mulai beberes rumah sedari pagi untuk mempersiapkan lebaran.

Selain itu, keluarga besar wanita ini juga akan berkunjung dan bersilaturahmi. Saudara-saudaranya akan berkumpul dan berbincang pada momen lebaran ini.

Keluarga Tiongho beragam Kristen rayakan lebaran (TikTok @karenkurniawan_kk)
Keluarga Tiongho beragam Kristen rayakan lebaran (TikTok @karenkurniawan_kk)

"Sekeluarga besar aku bakalan kumpul, saudara-saudara aku juga kumpul semacam silaturahmi deh. Padahal kan kita nggak Lebaran ya," ujar wanita ini dalam video tersebut.

Keluarganya memang bukan pemeluk agama Islam, namun mereka mengadakan kegiatan ini rutin setiap Lebaran. Gadis ini mengakui bahwa tradisi lebaran sangat seru.

Ia pun bertanya pada caption unggahannya, apakah seorang keturunan Tionghoa yang beragam Kristen boleh ikut merayakan lebaran atau tidak.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Ribuan komentar memenuhi unggahan ini.

"Semua orang boleh lebaran tapi Idul Fitri adalah kemenangan bagi yang puasa dan salatnya full nggak bolong. Jadi lebaran mah semua orang boleh," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Hahaha tetangga gue gitu woi. Mereka non Islam tapi suasana Lebaran mereka udah kayak orang muslim," ujar warganet ini.

"Boleh kok Kak, hehe. Siapapun boleh nggak ada yang ngelarang. Mohon maaf lahir batin kakak baik," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, kurang dari 24 jam setelah diunggah, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di TikTok.

Terkait

Terkini