Minggu, 01 Agustus 2021

Makan Hemat di Jepang, Ternyata Ini Menu yang Disantap Seharian

Seorang wanita mencoba makan hemat di Jepang. Apa saja yang ia santap seharian?

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Aneka hidangan sushi. (Pixabay/Arek Socha)
Aneka hidangan sushi. (Pixabay/Arek Socha)

Guideku.com - Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup yang cukup tinggi. Tentu hal ini membuat sejumlah orang penasaran tentang total biaya yang dihabiskan untuk makan hemat di Jepang.

Seorang wanita Indonesia yang tinggal di Jepang membagikan video yang menjawab rasa penasaran ini. Hal tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @mikakubo911.

Dalam video tersebut, Mika menjawab permintaan warganet untuk mencoba makan hemat di Jepang mulai dari sarapan hingga makan malam. Wanita ini menyebutkan dirinya cukup sering makan di luar selama di Jepang.

Ia menyebutkan, makan bento di supermarket atau minimarket bisa lebih murah namun membosankan. Ia pun memutuskan untuk makan di restoran gyudon sederhana.

Makan hemat di Jepang (TikTok @mikakubok911)
Makan hemat di Jepang (TikTok @mikakubok911)

Wanita ini kemudian masuk ke restoran bernama Matsuya. Ia memilih menu gyudon seharga 380 Yen atau sekitar Rp50 ribu. Ia memilih ukuran medium karena belum makan sejak pagi.

Ukuran kecil tentu akan lebih hemat, namun ia rasa tak akan cukup. Selama ini Mika menghabiskan 1.000 sampai 2.000 Yen sekali makan atau sekitar Rp131 ribu hingga Rp262 ribu.

Ia menyadari saat makan makanan dengan harga di bawah 500 Yen rasanya sangat berbeda. Selanjutnya ia membeli camilan dan kopi dengan total 160 Yen atau sekitar Rp23 ribu.

Saat sore hari, ia memutuskan untuk makan di restoran China. Mika menghabiskan 750 Yen atau sekitar Rp100 ribu untuk nasi goreng dan cakwe ukuran jumbo.

Makan hemat di Jepang (TikTok @mikakubok911)
Makan hemat di Jepang (TikTok @mikakubok911)

Dalam sehari mencoba makan hemat di Jepang, Mika menghabiskan sekitar Rp175 ribu. Ia mengatakan angka tersebut bisa lebih ditekan lagi jadi lebih hemat.

Ia memberi contoh untuk membeli bento di minimarket atau beli menu sarapan di McDonald's yang cukup murah.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Ratusan komentar memenuhi unggahan ini.

"Di Jepang makanan minimarket murah. Di Indonesia beli makanan di minimarket seharga 2 porsi nasi warteg," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Info berharga banget nih apalagi kalo mau bakcpackeran," ujar warganet ini.

"Lumayan juga ya makan hemat sehari Rp175 ribu. Pantes disebut biaya hidup di sana mahal," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, kurang dari 24 jam setelah diunggah, video makan hemat di Jepang ini telah viral dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 200 ribu kali.

Terkait

Terkini