Minggu, 01 Agustus 2021

Mudah! Begini Caranya Agar Arang Awet Pas Dipakai Bakar Sate

Stok daging kurban melimpah dan hendak diolah jadi sate? Yuk tengok tips berikut ini.

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi bakar sate
Ilustrasi bakar sate

Guideku.com - Saat Hari Raya Idul Adha, tidak sedikit orang-orang yang kemudian mengolah daging kurban jadi sate.

Tetapi saat bakar sate kalian harus kerepotan karena arang cepat padam. Adakah cara agar arang tahan lama dan awet saat bakar sate Idul Adha?

Sesungguhnya tidak perlu teknik khusus agar arang bakar sate dapat menyala lama. Cara agar arang tahan lama dan awet dapat kalian lakukan dengan mudah.

Lalu bagaimana caranya agar arang awet ketika digunakan untuk membakar sate? Berikut Guideku.com himpun dari laman Suara.com cara agar arang tahan lama dan awet yang bisa dicoba seperti dikutip dalam Cuttingedgefirewood.

1. Letakkan Panggangan Jauh dari Angin

Posisi panggangan sangat mempengaruhi cara kerja arang. Cara paling aman adalah letakkan panggangan di tempat yang jauh dari angin, terlebih jika aktivitas membakar satai dilakukan di ruang terbuka. Posisi yang tepat akan membuat arang lebih lambat bekerja sekaligus menjadi cara agar arang tahan lama dan awet.

2. Letakkan Arang di Panggangan Secara Merata

Sebar arang secara merata di bawah panggangan setelah berubah warna menjadi putih. Penyebaran ini akan membantu arang bekerja dengan lebih lambat sehingga arang bisa awet.

Kendati begitu pada proses awalnya, lebih baik arang ditumpuk di bagian tengah untuk memudahkan pembakaran. Di samping itu, arang berbentuk briket bisa menjadi pilihan karena terbukti lebih lama terbakar.

3. Buka Tutupan Arang

Tutupan arang yang dibuka akan membuat arang tahan lama dan awet. Pasalnya dengan begitu panas dari arang akan menyebar lebih rata dan membuat arang bekerja lebih lambat.

4. Jaga Arang Tetap Kering

Saat akan menyalakan api, upayakan agar arang tetap kering. Jangan mencampurkan arang dengan cairan seperti minyak saat akan menyulut api. Jika hal itu dilakukan proses api membakar arang justru akan terjadi lebih cepat dan menyebabkan arang cepat habis.

5. Tambahkan Gula Pasir

Cara agar arang tahan lama yang terakhir adalah menambahkan gula pasir. Kadar manis di dalam gula pasir yang berubah menjadi caramelize bisa memperlambat cara kerja arang ketika digunakan.

Pasalnya, gula tersebut bisa membuat panas yang ditimbulkan arang bertahan lebih lama. Hanya saja, pemakaian gula juga tidak boleh terlalu banyak. Maksimal dalam sekali penggunaan arang hanya boleh menambahkan dua sendok teh gula.

Itulah beberapa cara agar arang tahan lama dan awet saat bakar sate Idul Adha. Selamat mencoba dan selamat Idul Adha 2021. 

Terkait

Terkini