Minggu, 01 Agustus 2021

Sering Makan Daging Sapi? Waspadai 5 Bahayanya Berikut Ini

Terlalu sering makan daging sapi ternyata menyebabkan beberapa hal, simak info selengkapnya berikut.

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Daging (Pixabay/Waldrebell)
Ilustrasi Daging (Pixabay/Waldrebell)

Guideku.com -  Menikmati daging kurban yang diolah menjadi berbagai hidangan rasanya sudah umum dilakukan ketika Hari Raya Idul Adha tiba. 

Tapi ada baiknya Anda tetap waspada, karena beberapa bahaya terlalu banyak makan daging sapi mengintai.

Kita bisa mengolah daging kurban tersebut menjadi beragam masakan. Tapi harap diingat untuk tidak terlalu banyak makan daging sapi, sebab ada bahayanya.

Nah berikut Guideku himpun dari laman Suara.com tentang bahaya terlalu banyak makan daging sapi supaya kita bisa tetap waspada dan makan sewajarnya.

Berikut ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Sapi

1. Kadar kolesterol naik

Daging mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kolesterol naik maka ini bisa memicu beragam penyakit.

Dua diantara banyak penyakit yang harus diwaspadai adalah stroke dan penyakit jantung. Daging sapi juga mengandung lemak, karenanya harap untuk berhati-hati dan mengukur konsumsi Anda terhadapnya.

2. Dehidrasi

Bahaya terlalu banyak makan daging sapi salah satunya ialah dehidrasi. Daging juga mengandung banyak protein, tetapi jika kita mengkonsumsi terlalu banyak daging yang mengandung protein ini justru bisa menyebabkan bahaya terhadap ginjal.

Kenapa? karena protein yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat dan membuat kita tanpa sadar telah kekurangan asupan kadar air dalam tubuh. Jika dehidrasi semakin parah ini bisa menyebabkan kulit pada tubuh terlihat kusam, nafsu makan bertambah dan akibatnya kita bisa mengalami obesitas sebelum kita menyadarinya.

3. Metabolisme tubuh terganggu

Terlalu banyak mengonsumsi daging sapi dapat meningkatkan resiko metabolisme terhadap tubuh. Itu karena daging sapi mengandung banyak lemak daripada serat yang dapat menghambat proses usus mencerna makanan.

Ini adalah bahaya terlalu banyak makan daging sapi yang harus diwaspadai secara sungguh-sungguh. Bila Anda mau makan daging sapi, harap untuk mengimbanginya dengan buah dan sayuran, serta jangan lupa untuk membatasi jumlah konsumsi daging sapi ke dalam tubuh Anda. 

4. Meningkatkan risiko sakit kepala

Bahaya terlalu banyak makan daging sapi berikutnya adalah sakit kepala seperti migrain dan bisa lebih parah. Hal itu terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan masalah kesehatan serius seperti stroke.

5. Menimbulkan bau mulut

Terlalu banyak makan daging sapi juga bisa meningkatkan bau mulut. Daging sapi dapat melepaskan zat ketones yang dapat meningkatkatkan bau mulut yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh.

Terlalu banyak makan daging sapi menyebabkan laju peradagangan semakin cepat, sehingga dapat menimbulkan kerusakan di sel-sel mulut yang berakhir menjadi pemicu bau mulut. Lebih dari pada itu, zat ketones juga bisa merusak fungsi organ-organ di dalam tubuh.

Demikian bahaya terlalu banyak makan daging sapi yang harus Anda waspadai. Silahkan mengonsumsi daging sapi sesuai selera Anda, tapi ingat untuk dikontrol jumlahnya.

Terkait

Terkini