Minggu, 05 Juli 2020

Duh, Hotel Ini Diduga Cemari Sungai dengan Sampah Alat Kontrasepsi

Warga dibuat syok melihat sungai penuh alat kontrasepsi tersebut.

Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kondom. (Pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi kondom. (Pixabay/Bru-nO)

Guideku.com - Masalah pencemaran sungai rupanya juga masih banyak terjadi di negara lain. Tak perlu jauh-jauh, Thailand adalah salah satu negara yang masih mengalami pencemaran sungai.

Namun, bukan cuma sampah biasa, warga Thailand baru-baru ini dibuat geger oleh foto sebuah sungai yang tercemar alat kontrasepsi.

Foto sungai tercemar alat kontrasepsi itu awalnya dibagikan oleh seorang pria yang memiliki rumah di samping sungai dan lekas menjadi viral.

"Aku baru saja keluar dari rumahku dan bingung... Hei? Kalian benar-benar akan membuangnya begitu saja seperti itu?" tulis pria ini seperti dikutip dari laman Coconuts.

Dalam foto, dapat dilihat bahwa ada puluhan alat kontrasepsi atau kondom bekas yang mengambang di atas air serta membuat jijik.

Sungai tercemar alat kontrasepsi di Thailand (facebook.com/NaiAroy)
Sungai tercemar alat kontrasepsi di Thailand (facebook.com/NaiAroy)

Menanggapi unggahan warganet tersebut, untunglah pihak kota Bangkok segera bergerak dan lekas membersihkan sungai dari sampah alat kontrasepsi yang ada.

Yang mengejutkan, salah satu bungkus alat kontrasepsi tersebut menampakkan label West In Hotel.

Berbekal bukti tersebut, hotel West In pun lantas dituduh sebagai pihak yang telah mencemari sungai dengan alat kontrasepsi dan harus membayar denda sebesar 10.000 Baht atau 4,5 juta rupiah.

"Kami tidak pernah punya isu ini sebelumnya, tapi hotel tersebut akan bertanggung jawab dan didenda karena bukti jelas menunjuk kepada mereka," ujar otoritas distrik Yai di Bangkok.

Sementara, pihak hotel sendiri belum memberikan banyak keterangan. Namun, ada yang menyebutkan bahwa hotel tersebut menyalahkan pemulung yang sudah memungut dan membuang sampah hotel ke sungai.

Terkait

Terkini